Demokrat Duga Ada Penggelembungan Suara Pileg, Minta KPU Usut

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 29 Februari 2024 | 15:57 WIB
Andi Arief Ketua Bapilu Demokrat (SinPo.id/demokrat)
Andi Arief Ketua Bapilu Demokrat (SinPo.id/demokrat)

SinPo.id - Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Andi Arief menduga adanya penggelembungan suara pada Pileg di sejumlah daerah hingga merugikan partainya. Penggelembungan itu disebut melibatkan oknum panitia pemilihan.

"Dalam penghitungan Pemilu Legislatif ini memang terbuka celah melakukan penggelembungan-penggelembungan suara kalau memang PPK-nya nakal," kata Andi kepada wartawan, Jakarta, Kamis, 29 Februari 2024.

Andi menyebut caleg-caleg Demokrat mendapat gangguan dalam penghitungan suara di tiga daerah pemilihan (Dapil), yaitu Sumatra Selatan (Sumsel) I, Jawa Tengah (Jateng) V, dan Kalimantan Selatan (Kalsel) I.

"Ini Demokrat ada 3 sekarang yang diganggu, pertama Dapil I Sumsel, itu kebetulan menurut C1, Partai Demokrat pada di kursi terakhir, sekarang diganggu dan sedang dioperasi di PPK oleh salah satu partai," kata Andi.

"Kemudian di Dapil V Jawa Tengah juga ada partai yang terbukti melakukan penggelembungan di Klaten dan di Sukoharjo sehingga membuat kerugian di kader Partai Demokrat. Kemudian di Kalimantan Selatan I itu juga ditemukan penggelembungan sehingga caleg Demokrat terpental," timpalnya.

Andi meminta KPU segera menindaklanjuti temuan itu. Dia tak terima kader Demokrat dirugikan atas hal itu.

"Dan inilah, mudah-mudahan KPU segera turun tangan tuh di 3 tempat di mana kader Demokrat dirugikan tuh," ujar dia.sinpo

Komentar: