KPU Klaim Sudah Koreksi Data Anomali Pilpres di 154.541 TPS

Laporan: Tio Pirnando
Selasa, 27 Februari 2024 | 22:54 WIB
Ketua KPU Hasyim Asy'ari (SinPo.id/ Ashar)
Ketua KPU Hasyim Asy'ari (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari mengaku, pihaknya sudah melakukan koreksi data perolehan suara Pilpres 2024 dalam Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) atau data anomali, sebanyak 154.541 tempat pemungutan suara (TPS). Data anomali ini merupakan angka perolehan suara di Sirekap yang tidak selaras dengan formulir C hasil.

"(Suara) Pilpres sebanyak 154.541 TPS (telah dikoreksi)," kata Hasyim dalam konferensi pers di kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 27 Februari 2024. 

Hasyim melanjutkan, koreksi data anomali ini juga dilakukan terhadap data dalam perolehan suara Pileg nasional dan daerah di Sirekap.

Adapun untuk data Pemilu DPR RI total koreksinya sebanyak 13.767 TPS dan Pemilu DPD RI sebanyak 16.450 TPS.

"Untuk temuan data anomali dan hasil koreksinya untuk DPRD provinsi itu dikerjakan KPU provinsi dan pemilu anggota DPR kabupaten/kota dikerjakan KPU kabupaten/kota," kata dia.

Diketahui, data real count Pemilu 2024 di Sirekap menjadi sorotan lantaran ditemukan banyak data yang tidak sesuai dengan C-Hasil.

Karenanya, KPU sempat menghentikan pembaruan publikasi hasil perolehan suara sementara untuk proses sinkronisasi data. sinpo

Komentar: