Wapres Ma'ruf Amin Bertolak ke Selandia Baru, Lanjutkan Diplomasi Halal Dunia

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 26 Februari 2024 | 09:14 WIB
Wapres Maruf Amin bertolak ke Selandia Baru (SinPo.id/setwapres)
Wapres Maruf Amin bertolak ke Selandia Baru (SinPo.id/setwapres)

SinPo.id - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin bertolak ke Selandia Baru untuk membawa diplomasi halal dan penguatan kerja sama internasional. Kunjungan kerja ini menjadi bagian dari komitmen Ma'ruf Amin yang konsisten membawa isu industri halal dalam kunjungannya ke sejumlah negara.

Wapres Ma'ruf Amin dan Ibu Wury Ma'ruf Amin menuju Selandia Baru menaiki pesawat GA Boeing 777-300ER yang lepas landas pada pukul 19.00 WIB dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Minggu, 25 Februari 2024.

"Ada konsistensi kunjungan Wapres ke beberapa negara, sebelumnya Eropa. Sekarang New Zealand. Konsistensi itu adalah cita-cita agar bagaimana Indonesia menjadi bagian penting dari halal dunia," ujar Juru Bicara Wakil Presiden Masduki Baidlowi dalam keterangan persnya.

Masduki menuturkan, dalam kunjungan pertamanya ke Negeri Kiwi tersebut, Ma'ruf Amin beserta rombongan akan mendarat di Auckland dan disambut Duta Besar RI untuk Selandia Baru merangkap Samoa, Kerajaan Tonga, Kepulauan Cook, dan Niue Fientje Maritje Suebu dan Atase Pertahanan RI di Wellington Kolonel Chb. Herwanto Setyono.

Selanjutnya Wapres akan bertemu dengan Perdana Menteri Selandia Baru Rt Hon Christopher Luxon, Wakil Perdana Menteri Rt Hon Winston Peters dan bertemu sejumlah tokoh penting lainnya.

Selain melakukan beberapa pertemuan, Wapres juga diagendakan memberikan kuliah umum tentang Kerukunan antara Umat Beragama di Victory University, Wellington, pada Rabu, 28 Februari 2024.

Pada hari Kamis, 29 Februari 2024, Ma'ruf Amin beserta rombongan diagendakan kembali menuju ke Auckland untuk menghadiri Forum Bisnis dengan para Pelaku Industri Halal dan Dialog Kebangsaan dengan Masyarakat Indonesia di Selandia Baru.

Dalam kunjungan ini Wapres juga didampingi oleh Anggota DPR RI Ahmad Helmy Faishal Zaini, Kepala Sekretariat Wakil Presiden Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Administrasi Sapto Harjono W.S., Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Reformasi Birokrasi M. Nasir, serta Staf Khusus Wakil Presiden Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi.sinpo

Komentar: