Prabowo Tekankan Indonesia dan Australia adalah Tetangga yang Baik

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 23 Februari 2024 | 20:25 WIB
Kunjungan Wakil PM Australia ke Menhan (SinPo.id/Tkn)
Kunjungan Wakil PM Australia ke Menhan (SinPo.id/Tkn)

SinPo.id - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengatakan Indonesia dan Australia semakin mempererat hubungan kerjasama yang baik antar kedua negara terutama dalam berbagai bidang.

Menurut Prabowo, hubungan baik antara Indonesia dan Australia ini sudah terjalin sejak lama dan sama-sama bertekad menjadi negara tetangga yang baik. 

Hal itu diungkapkan Prabowo usai menerima Wakil Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan Australia Richard Marles di kantor Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat, 23 Februari 2024.

“Kami adalah tetangga dekat, kami ditakdirkan untuk menjadi tetangga dekat dan kami bertekad untuk menjadi tetangga dekat, tetangga yang baik,” kata Prabowo

Prabowo dan Richard juga sepakat agar kedua negara membina hubungan baik terutama dalam bidang pendidikan, ekonomi, budaya, dan pertahanan.

“Kami bertekad untuk membina hubungan baik ini di berbagai bidang, pendidikan, ekonomi, budaya, militer jadi ya banyak dimensi. Tapi, menurut saya pendidikan adalah salah satu bidang yang cukup sering kita diskusikan seperti yang anda tahu, salah satu fokus utama kami adalah memberikan pendidikan kepada orang-orang,” jelas Prabowo.

Terlebih, saat ini sudah terdapat beberapa kampus yang didirikan di Indonesia.

“Kami melihat Australia adalah mitra yang sangat baik dalam hal ini, saya pikir beberapa universitas Australia disana membuka kampus di Indonesia. Beberapa sudah membuat kemajuan yang serius sehingga ada banyak bidang yang kami lihat dan ada kemajuan yang signifikan,” tutur Prabowo. 

Untuk itu, Prabowo sangat menghargai dan fokus menjaga hubungan baik ini dengan negara tetangga, terutama Australia.  

“Fokus kita sekarang adalah menjaga hubungan terbaik dengan semua tetangga dan syukurlah kita telah mencapai bahwa semua persahabatan dengan tetangga kita saat ini terutama Australia, kami sangat menghargainya,” tutup Prabowo.sinpo

Komentar: