Tiket Lebaran Diserbu Masyarakat, KAI Siap Tambah Perjalanan KA

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 23 Februari 2024 | 18:51 WIB
Penumpang kereta api (SinPo.id/KAI)
Penumpang kereta api (SinPo.id/KAI)

SinPo.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan menambah perjalanan kereta api untuk mengakomodasi lonjakan permintaan masyarakat terhadap layanan pada periode Angkutan Lebaran 2024.

"Untuk detail perjalanan KA tambahan tersebut, akan kami infokan pada kesempatan lebih lanjut, ujar VP Public Relations KAI, Joni Martinus pada Jumat, 23 Februari 2024.

Joni mengungkapkan, sejumlah perjalanan KA okupansinya saat ini telah mencapai 100 persen untuk keberangkatan dari arah Barat (Jawa Barat dan Jakarta) menuju ke arah Timur (Jawa Tengah dan Jawa Timur) pada hari-hari tertentu menjelang hari-H Lebaran.

Sejauh ini rute favorit masyarakat pada periode Angkutan Lebaran tahun ini adalah Jakarta - Surabaya, Jakarta - Solo, Bandung - Blitar, Jakarta - Purwokerto, dan Jakarta - Malang.

Berdasarkan pantauan data pada Kamis, 22 Februari 2024, pukul 12.00 WIB, total penjualan tiket pada periode H-10 sampai dengan H-3 sebanyak 210.944 tiket atau 24 persen dari total tiket yang sudah bisa dipesan sebanyak 888.583 tiket. 

"Di mana dominasi pemesanan pada periode tersebut adalah tiket KA dari arah Barat (Jawa Barat dan Jakarta) menuju ke arah Timur (Jawa Tengah dan Jawa Timur)," ujar Joni.

Sementara pada hari ini, Jumat, 23 Februari 2024, masyarakat sudah dapat memesan tiket untuk keberangkatan kereta api pada masa angkutan Lebaran H-2 atau 8 April 2024 yang merupakan hari favorit bagi pemudik.

"Kami mengingatkan kepada pelanggan agar teliti dalam menginput tanggal, memilih rute, dan memasukkan data diri pada saat melakukan pemesanan. Rencanakan perjalanan sebaik mungkin termasuk estimasi waktu perjalanan menuju ke stasiun agar tidak tertinggal keretanya," paparnya.

Joni menambahkan, jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif, atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI.

"(Aplikasi ini) akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan," tandasnya.sinpo

Komentar: