BI Siapkan Rp 197 T untuk Ramadan dan Idul Fitri

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 22 Februari 2024 | 04:07 WIB
Ilustrasi uang (Pixabay)
Ilustrasi uang (Pixabay)

SinPo.id -  Bank Indonesia (BI) menyiapkan Rp197,6 triliun untuk program Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi) 2024. Keputusan BI untuk menaikkan jumlah uang yang siap ditukarkan melalui program Serambi tersebut didasarkan pada pertumbuhan ekonomi domestik serta semakin meluasnya jangkauan transaksi digital.

“Angka tersebut naik 4,65 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya sekitar Rp189 triliun. Artinya persentasenya itu sudah kami perkirakan dengan (transaksi) yang non-tunai juga,” ujar Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Doni P Joewono pada Rabu 21 Februari 2024. 

BI akan menambah lokasi penukaran uang menjelang Idul Fitri sebanyak 449 titik dari rencana semula hanya 4.674 titik. BI memperbanyak lokasi penukaran uang di rest area jalan tol. Selain di jalan tol, ia menyampaikan bahwa lokasi tambahan untuk program penukaran uang tersebut, juga akan disediakan di pelabuhan, bandara, dan stasiun.

Upaya tersebut dilakukan untuk membantu para pemudik dapat menukarkan uang mereka dengan mudah menjadi pecahan kecil mulai dari Rp1.000-Rp20.000 melalui program Serambi tersebut. Pada saat Pemilu 2024, kata dia, realisasi uang yang beredar ternyata lebih rendah dari proyeksi.

“Saat periode pemilu pada 1-14 Februari mestinya naik ya, tapi realisasinya lebih rendah daripada proyeksinya. Jadi, kita memperkirakan sekitar Rp68 triliun tapi realisasinya Rp67,14 triliun,” tambahnyasinpo

Komentar: