Segelintir Massa Lakukan Aksi Demo di Kantor KPU RI

Laporan: Tio Pirnando
Rabu, 21 Februari 2024 | 17:11 WIB
Unjuk rasa depan Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat (SinPo.id/Tio Pirnando)
Unjuk rasa depan Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat (SinPo.id/Tio Pirnando)

SinPo.id -  Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, digeruduk oleh para pengunjuk rasa. 

Pantauan SinPo.id, Rabu, 21 Februari 2024, sejumlah massa buruh yang tergabung dalam Poros Buruh Untuk Perubahan Anies-Muhaimin menggeruduk Kantor KPU RI pada sore hari. Massa terlihat tidak terlalu banyak yang hadir, dan banyak yang duduk ketimbang berdiri mendengar orator silih berganti berorasi dari atas mobil komando. 

Mereka datang dengan membawa sejumlah spanduk besar yang digotong layaknya ogoh-ogoh, dan spanduk kecil ditaruh berderet di pagar beton pembatas menuju gedung KPU RI.

Ada spanduk yang memplesetkan kepanjangan KPU menjadi "Komisi Penipuan Umum" dan meminta agar seluruh Komisioner KPU saat ini untuk dipecat karena dianggap bagian dari kecurangan Pemilu 2024. Di bagian kiri spanduk, massa juga mengkritik Presiden Joko Widodo. 

Setibanya di seberang kantor KPU, massa buruh langsung menyalakan flare atau suar berwarna merah sebagai simbol perlawanan. Hadir juga Refly Harun, dan Muslim Arbi dalam kerumunan massa.

Para perwakilan massa bergantian menyuarakan aspirasinya dari atas mobil komando. 

Orator menegaskan akan bertahan di depan kantor KPU sampai ada perwakilan pimpinan KPU yang mau menemuinya.

"Kalau dia emang lembaga negara yang netral, ayo keluar, enggak usah takut. Kalau KPU semakin enggak mau keluar, ya rakyat makin curiga ada permainan," tuturnya.

Saat massa buruh menggelar aksi, datang para emak-emak yang juga menyuarakan tuntutan yang sama.sinpo

Komentar: