1.026 Petugas Pemilu 2024 di Jakarta Sakit

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 21 Februari 2024 | 04:51 WIB
Ilustrasi sakit (pixabay)
Ilustrasi sakit (pixabay)

SinPo.id -  Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta terus memonitor situasi kesehatan para petugas dan warga masyarakat pasca-Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Ani Ruspitawati menyampaikan laporan dukungan kesehatan selama periode Pemilu 2024. Laporan mencakup kondisi petugas penyelenggara pemilihan umum dan masyarakat yang terlibat dalam proses pemilu.

”Hingga 19 Februari 2024 pukul 08.00 WIB, total kasus kesakitan tercatat sejumlah 1.026 jiwa yang terdiri dari petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS), petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas), dan masyarakat,” papar Ani di Jakarta, pada Selasa 20 Februari 2024

Ani menambahkan, dari jumlah tersebut sebanyak 1.004 orang sudah terkonfirmasi sembuh, 22 orang yang masih mendapatkan perawatan di fasilitas kesehatan, dan dua orang pulang perawatan atas permintaan sendiri. Sebaran kasus tersebut meliputi wilayah geografis yang luas dari seluruh wilayah administrasi Jakarta, yaitu Jakarta Pusat (147 orang), Jakarta Utara (119 orang), Jakarta Timur (242 orang), Jakarta Selatan (331 orang), Jakarta Barat (98 orang), dan Kepulauan Seribu (89 orang).

”Dapat dilaporkan terdapat tujuh kasus kematian. Tiga orang di antaranya merupakan anggota KPPS, dua orang petugas pemilu, satu orang Linmas, dan satu orang pemilih. Sebab kematian pasien bervariasi, mulai dari penyakit jantung, serebrovaskular, kecelakaan, hingga pasien sudah meninggal saat pertama diterima di faskes,” tambah Ani, dalam Siaran Pers Pemprov DKI Jakarta.

Kemudian Ani mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras dan terlibat dalam memberikan pelayanan kesehatan terbaik selama pemilu. Ia juga mengapresiasi para petugas dan masyarakat yang telah bersama-sama menjaga kesehatan, sehingga gelaran Pemilu 2024 berjalan tertib dan aman.

"Terima kasih atas semua dukungan selama ini. Kami Dinkes Provinsi DKI Jakarta selalu berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk seluruh warga masyarakat. Sebab kesehatan merupakan fondasi dasar segala kegiatan agar berjalan lancar,” tandas Ani.sinpo

Komentar: