Dinkes DKI Ungkap Penyakit Terbanyak Petugas KPPS di Jakarta Karena Bawaan

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 17 Februari 2024 | 20:36 WIB
Petugas KPPS (SinPo.id)
Petugas KPPS (SinPo.id)

SinPo.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta telah melakukan pendataan berbagai macam penyakit yang diderita petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) maupun petugas non-KPPS.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Ani Ruspitawati mengatakan, dari data yang tercatat hingga 15 Februari 2024, penyakit terbanyak yang dialami petugas adalah penyakit bawaan seperti hipertensi dan tekanan darah tinggi.

"Penyakit terbanyak yang dialami petugas adalah penyakit bawaan seperti hipertensi dan tekanan darah tinggi, serta penyakit ringan seperti batuk, pilek, gangguan lambung, dan sakit kepala," kata Ani dalam keterangan tertulis, diterima Sabtu, 17 Februari 2024.

Ani memaparkan ada belasan petugas KPPS sudah mengakses layanan kesehatan yang disediakan pemerintah. Menurutnya, beberapa diantaranya sedang menjalani perawatan.

Selain itu, Ia juga memastikan mereka yang mengakses layanan kesehatan akan mendapatkan pelayanan dengan baik.

"Dari petugas KPPS yang mengakses layanan kesehatan tersebut, hingga saat ini terdapat 13 orang sedang dirawat. Sementara untuk petugas non-KPPS terdapat empat orang yang sedang dirawat," ujar Ani.

Sementara itu, perbandingan dengan data dari paparan Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI pada Pemilu 2019 silam. Di mana penyakit terbanyak yang dialami petugas KPPS dan non-KPPS didominasi oleh penyakit kronis.

"Pada Pemilu 2019 silam, penyakit terbanyak didominasi oleh penyakit kronis, seperti hipertensi atau diabetes," paparnya.sinpo

Komentar: