RSUD Taman Sari Buka Layanan Konsultasi Kesehatan Mental untuk Caleg dan Timses Pemilu 2024

Laporan: Tim Redaksi
Jumat, 16 Februari 2024 | 03:32 WIB
Foto: Ilustrasi (Image by Małgorzata Tomczak from Pixabay)
Foto: Ilustrasi (Image by Małgorzata Tomczak from Pixabay)

SinPo.id -  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Sari, Jakarta Barat membuka layanan konsultasi gangguan kesehatan mental bagi para calon legislatif (caleg), tim sukses caleg, dan paritisipan Pemilu 2024. Kepala Seksi Pelayanan Medis dan Keperawatan RSUD Taman Sari, Ngabila Salama mengatakan, layanan konsultasi diadakan hasil kerja sama RSUD Taman Sari dengan RS Soeharto Heerdjan/RSKD Duren Sawit. Untuk rumah sakit rujukan dilaksanakan hari Senin-Sabtu dari pukul 12.00-21.00 sesuai jadwal praktik psikiater di RSUD Taman Sari.

"Hingga saat ini sudah ada 40 orang yang mendaftar dan mayoritas masyarakat umum.  Dari jumlah tersebut lima di antaranya tertulis di kolom bit.ly/skriningjiwarsudtamansari sebagai timses caleg," ujarnya, Kamis 15 Februari 2024. 

Diungkapkan Ngabila, untuk pendaftaran dapat menghubungi nomor telepon 0858-9248-1576. Untuk tarif pasien umum konseling dengan psikiater Rp 60 ribu. Tapi jika ada rujukan BPJS dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maka gratis.

Ditambahkan Ngabila, selain itu RSUD Taman Sari juga akan menyediakan layanan uji stress gratis pada tanggal 20 Februari 2024 di RSUD Taman Sari. Untuk itu bagi yang berminat agar mengisi data di bit.ly skriningjiwarsudtamansari bekerja sama dgn RS Soeharto Heerdjan dan akan ada interpretasi hasil tes canggih oleh psikiater dan psikolog klinis dan sekaligus penyuluhan.

"RSUD Taman Sari juga berencana membuka layanan konsultasi online by zoom selama 15 menit per pasien sebagai penapisan awal kasus, untuk memutuskan apakah perlu tatap muka dengan psikiater RSUD Taman Sari untuk konseling hingga perlu pengobatan atau tidak," tandasnya.sinpo

Komentar: