OPM Sebut TNI-Polri Bakar Dua Kampung, Satgas Damai Cartenz: Hoaks

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Selasa, 06 Februari 2024 | 19:37 WIB
Kasatgas Humas Damai Ops Cartenz, AKBP Bayu Suseno (SinPo.id/ Humas Polri)
Kasatgas Humas Damai Ops Cartenz, AKBP Bayu Suseno (SinPo.id/ Humas Polri)

SinPo.id - Satgas Damai Ops Cartenz membantah klaim yang disampaikan oleh juru bicara TPNPB-OPM, Sebby Sambom. Sebby menyebutkan bahwa dua kampung di Kabupaten Puncak, Papua Tengah, yakni Agayome dan Yangerenok, telah dibakar oleh aparat TNI-Polri.

Kasatgas Humas Damai Ops Cartenz, AKBP Bayu Suseno, menyatakan klaim tersebut propaganda yang disebarkan secara masif oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), dan tersebar luas di media sosial.

“Kami tidak melakukan hal itu. Situasi Kamtibmas dalam keadaan aman terkendali,” kata Bayu dikutip dari laman resmi Polri, Selasa, 6 Februari 2024., 

Sebelumnya, Sebby Sambom juga mengklaim adanya tindakan kekerasan terhadap masyarakat setempat, termasuk pemukulan dan interogasi terhadap pendeta Eriak Waker dan warganya.

Kapolres Puncak, Papua Tengah, Kompol I Nyoman Punia, menyatakan, Puskesmas di Distrik Omukia, Kabupaten Puncak, menjadi sasaran pembakaran oleh KKB OPM. Pembakaran dilakukan saat aparat TNI-Polri melaksanakan patroli gabungan pada Sabtu, 3 Februari 2024, sekitar pukul 12.11 WIT.sinpo

Komentar: