Airlangga Jawab Kritik Anies soal Bansos: Tak Ada Yang Klaim, Diberikan Sesuai Data

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 05 Februari 2024 | 07:17 WIB
Airlangga Hartanto (SinPo.id/Setkab)
Airlangga Hartanto (SinPo.id/Setkab)

SinPo.id - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menjawab sindiran Anies Baswedan di debat kelima pilpres yang menyebut bantuan sosial (bansos) kerap diklaim oleh pihak tertentu.

Airlangga menegaskan selama ini bansos adalah program pemerintah dan tidak pernah diklaim secara personal oleh pihak yang memberikan.

"Tidak pernah ada pemberi yang mengklaim, semua dilakukan rakyat oleh pemerintah sejak sebelum Covid, PKH (Program Keluarga Harapan) kemudian KIS (Kartu Indonesia Sehat),KIP (Kartu Indonesia Pintar)," kata Airlangga usai debat pilpres di JCC Senayan, dikutip Senin, 5 Februari 2024.

Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar itu menyebut bansos yang diberikan pemerintah merupakan uang milik rakyat. Menurutnya, pemberian bansos tersebut juga telah sesuai dengan data yang ada.

"Jadi kalau Bansos, itu sepenuhnya untuk rakyat, dari anggaran rakyat sehingga ini semuanya dilaksanakan sesuai dengan data yang ada. Kalau data belum lengkap itu dilengkapi lagi," tegasnya.

Sebelumnya dalam debat kelima pilpes, capres nomor urut 1, Anies Baswedan menyindir bantuan sosial seharusnya bermanfaat bagi masyarakat bukan untuk yang memberikan.

Pernyataan itu Anies sampaikan saat menjawab pertanyaan capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dalam debat pilpres kelima mengenai persoalan bansos yang belakangan sedang menjadi sorotan.

Mantan Gubernur Jawa Tengah itu menyebut pembagian bansos saat ini kerap bermasalah karena tidak tepat sasaran dan diklaim oleh pihak-pihak tertentu.

“Menurut Pak Anies sebagaimana tata kelola bansos agar tidak saling klaim, bisa tetap sasaran, tidak menimbulkan kecemburuan-kecemburuan sehingga inilah satu harapan yang betul-betul bisa ditanya rakyat?” tanya Ganjar.sinpo

Komentar: