KPU Ungkap Empat Kali Debat Pilpres Jangkau 394 Juta Penonton

Laporan: Khaerul Anam
Sabtu, 03 Februari 2024 | 04:10 WIB
Pasangan Capres-Cawapres Pemilu 2024 (SinPo.id/Ashar)
Pasangan Capres-Cawapres Pemilu 2024 (SinPo.id/Ashar)

SinPo.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengungkap jangkauan penonton pada empat debat Pilpres 2024 telah mencapai 394 juta penonton. Hal ini menunjukan bahwa debat pilpres sudah mendapat perhatian publik dengan jangkauan yang luas.

"Tercatat sekitar 394 juta total jangkauan penonton yang tidak terpublikasi. Kalau lah kita bagi empat saja, itu rata-rata setiap kali pelaksanaan debat, itu bisa menjangkau sampai 98 juta," kata Komisioner KPU Agust Mellaz di Kantor KPU, Jakarta, Jumat, 2 Februari 2024.

"Jadi sebenarnya, lepas dari segala dinamika yang ada, pada akhirnya momentum debat mulai pertama sampai keempat, itu membuat publik menjadi perhatian yang luas kepada masyarakat," tambahnya.

Mellaz berpendapat perhatian publik pada kontestasi Pemilu 2024 juga terlihat sebelum dan setelah dabat berlangsung. Berdasarkan media monitoring yang dilakukan oleh KPU, tema debat kembali diperbincangkan publik di media sosial pasca debat.

"Kami perhatikan tema-tema debat didiskusikan lebih lanjut. Jadi sebenarnya kami sangat memberikan apresiasi luar biasa untuk publik secara luas yang terlibat secara aktif untuk melihat," ujarnya.

Mellaz pun berharap ajang debat Pilpres ini dapat menjadi instrumen penting bagi masyarakat dalam menentukan pilihannya pada 14 Februari mendatang.

"Harapannya ini menjadi tujuan kampanye melalui metode debat ini menjadi instrumen penting untuk memastikan bahwa memang inilah kualifikasi dari setiap pasangan calon, baik presiden dan wapres, yang diberikan ruang dalam memaparkan visi misi dan program," tandasnya.sinpo

Komentar: