Gerindra: Anies Bisa Jadi Gubernur hingga Capres Bukti Demokrasi Baik

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 01 Februari 2024 | 11:23 WIB
Waketum Partai Gerindra Habiburokhman. (SinPo.id/Ashar)
Waketum Partai Gerindra Habiburokhman. (SinPo.id/Ashar)

SinPo.id - Waketum Partai Gerindra Habiburokhman mempertanyakan maksud capres nomor urut 1 Anies Baswedan yang mengungkit pemerintahan orde baru (orba) dengan era Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Anies diminta menjelaskan detail pernyataan tersebut. Habiburokhman menilai pernyataan itu tak mendasar.

"Yang dimaksud Orba yang seperti apa? Karena kalau bicara Orba pasti ada sisi positif dan sisi negatif juga," kata Habiburokhman saat dihubungi, Jakarta, Rabu, 31 Januari 2024.

Habiburokhman kemudian menyinggung Anies sebagai aktivis organisasi mahasiswa pelat merah saat orba. Dia menilai perilaku Jokowi selama ini jauh dari tindakan tak demokrasi.

"Setahu saya, Pak Anies juga aktivis organisasi mahasiswa pelat merah zaman Orba. Kalau praktik pemerintahan yang diimplementasikan oleh Pak Jokowi, jauh dari tindakan-tindakan tidak demokratis," ujarnya.

Habiburokhman justru mengingatkan Anies pernah menjadi gubernur karena demokrasi berjalan dengan baik. Bukti lain demokrasi berjalan baik, yakni Anies sekarang bisa mencalonkan sebagai calon presiden (capres).

"Pak Anies bisa jadi gubernur, nanti ini bisa menjadi capres adalah bukti bahwa demokrasi berjalan dengan sangat baik di era Pak Jokowi," katanya.

Menurutnya, Jokowi merupakan sosok yang sangat menghormati etika. Dia juga mengungkit survei kepercayaan publik terhadap pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Dan Pak Jokowi adalah sosok yang sangat menghormati etika, karena etika tertinggi adalah komitmen untuk melakukan yang terbaik bagi bangsa dan negara. Negara kita di bawah kepemimpinan Pak Jokowi alhamdulillah sudah semakin tertata, dan hal tersebut mendapat apresiasi setidaknya 75 persen rakyat," ujarnya.

Sebelumnya, Anies mengatakan masyarakat bisa menilai soal pertemuan antara Jokowi dengan ketum-ketum dari parpol pengusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabumig Raka. Dia meminta semuanya sama-sama menjaga suasana pilpres yang teduh.

"Masyarakat bisa menilai dan menurut kami yuk kita jaga sama-sama supaya suasana jelang pilpres ini suasana yang tenang, teduh," kata Anies.sinpo

Komentar: