BPBD DKI: Waspada Cuaca Ekstrem di Jakarta 29 Januari Sampai 1 Februari 2024

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 29 Januari 2024 | 21:32 WIB
Cuaca ekstrem di Jakarta (SinPo.id/ Beritajakarta)
Cuaca ekstrem di Jakarta (SinPo.id/ Beritajakarta)

SinPo.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengingatkan warga Jakarta dan sekitarnya agar mewaspadai cuaca ekstrem yang berpotensi terjadi pada 29 Januari sampai 1 Februari 2024.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Isnawa Aji mengatakan, berdasarkan hasil analisasis terkini BMKG, potensi peningkatan curah hujan intensitas sedang hingga lebat akan terjadi di beberapa wilayah termasuk di Ibu Kota.

"Waspada cuaca ekstrem di Jakarta pada periode 29 Januari sampai 1 Februari 2024," kata Isnawa dalam keterangannya, Senin, 29 Januari 2024.

Isnawa menjelaskan, berdasarkan data BMKG, cuaca ekstrime dipicu oleh aktivitas Monsun Asia yang disertai adanya potensi seruakan dingin sehingga berpengaruh terhadap peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan ekuator.

Selain itu, masih aktifnya gelombang ekuator Rossby dan Kelvin di sekitar wilayah Indonesia bagian tengah juga turut memicu pembentukan awan hujan.

“Serta terbentuknya pola belokan dan pertemuan angin yang memanjang di selatan ekuator sebagai dampak dari penguatan angin Monsun Asia,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Isnawa, BPBD DKI Jakarta mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siaga mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem. 

Informasi banjir terkini dapat dipantau melalui situs https://pantaubanjir.jakarta.go.id/peta-banjir-berbasiskan-rt.

“Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi call center Jakarta Siaga 112,” tandasnya.sinpo

Komentar: