Survei TBRC: Elektabilitas Prabowo - Gibran Lampaui 50 Persen

Laporan: Bayu Primanda
Minggu, 21 Januari 2024 | 15:13 WIB
Prabowo-Gibran (Sinpo.id/Ashar)
Prabowo-Gibran (Sinpo.id/Ashar)

SinPo.id -  Hasil Survei Timur Barat Research Center untuk mengukur tingkat keterpilihan Pasangan Capres-Cawapres pada pilpres 2024, dalam survei ini mengunakan sample sebanyak 1984 responden dari 389 Kabupaten/Kota di 34 Provinsi.

Dan sampel responden dipilih secara acak dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi provinsi dan gender

Hasil survei ini Memiliki margin of error sebesar kurang lebih 2,2 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen

Direktur Eksekutif TBRC,  Johanes Romeo mengatakan, dalam pertanyaan terbuka atau ketika semua responden ditanyakan Capres-Cawapres mana yang akan dipilih jika pilpres digelar hari ini.

"Maka dari jawaban 1.984 responden secara terbuka maka pasangan Prabowo-Gibran dipilih sebanyak 39,6 persen," ujar Johanes dalam rilisnya, Minggu, 21 Januari 2024.

Lalu disusul oleh pasangan Ganjar-Mahfud sebanyak 27,2 persen dan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebanyak 16,1 persen dan yang tidak menjawab sebanyak 17,1 persen

"Sementara dengan pertanyaan tertutup menggunakan kuisioner dengan memberikan pertanyaan yang sama, maka hasil tabulasi dari hasil jawaban 1.984 responden pasangan Prabowo-  Gibran dipilih sebanyak 50,2 persen," ucap dia.

Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud dipilih sebanyak 28,8 persen dan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dipilih sebanyak 17,2 persen sedangkan yang tidak memilih sebanyak 3,8 persen.

Dikatakan Johanes Romeo, tingginya tingkat keterpilihan Prabowo-Gibran yang melebihi 50 persen pada pertanyaan tertutup memiliki hubungan dengan visi-misi yang dikampanyekan, yakni melanjutkan program-program Jokowi jika terpilih.

"Dan dari hasil survei ini menunjukkan pasangan Prabowo - Gibran akan memenangi Pilpres 2024 dengan satu putaran ," ujarnya.

Menanggapi survei tersebut, Pengamat politik Institute for Digital Democracy (IDD), Yogyakarta Bambang Arianto menilai bahwa hasil survei TBRC menunjukkan bahwa Prabowo-Gibran merupakan sosok yang lebih dipilih oleh masyarakat yang layak untuk meneruskan program Jokowi.

"Unggulnya Prabowo-Gibran di survei TBRC karena mereka sosok yang di pilih masyarakat sebagai penerus program Jokowi selanjutnya," kata Bambang kepada awak media, Minggu, 21 Januari 2024.

Selain itu, adanya Gibran tentunya  menjadi daya tarik para kaum muda atau  kalangan gen Z, karena sebagai cawapres dari anak muda.

"Gibran itu mewakili para generasi muda atau gen Z yang maju di Pilpres 2024," ucap Bambang.

Bambang mengungkapkan bahwa masyarakat melihat sosok Gibran adalah Jokowi sehingga para pendukung setia Jokowi lebih memilih Prabowo-Gibran ketimbang kandidat capres lainnya.

"Masyarakat melihat Gibran adalah sebagai sosok Jokowi, ini yang membuat pendukung setia Jokowi memilih pasangan capres-cawapres Prabowo-Gibran untuk Pilpres 2024," ungkapnya.sinpo

Komentar: