Marak Kecelakaan Kereta di Sejumlah daerah, DPR minta PT KAI Perbaiki Sistem

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 19 Januari 2024 | 04:48 WIB
Kondisi KA Pandalungan (Sinpo.id/X: @Slemanpost)
Kondisi KA Pandalungan (Sinpo.id/X: @Slemanpost)

SinPo.id -  

Dewan perwakilan rakyat di Senayan meminta KAI  memperbaiki sistem agar dapat mengantisipasi peristiwa kecelakaan kereta fatal, seperti kecelakaan yang dialami oleh KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya di Cicalengka, pada awal tahun 2024 ini. Tercatat kecelakaan kereta tersebut mengakibatkan empat orang meninggal dunia termasuk masinis.


"Maka ini saya mohon Pak Menteri dan jajaran tolong ini tidak boleh lagi terjadi. Begitupun kepada rakyat, Bapak (Menhub) harus bisa menjawab sistem yang harus dibuat supaya tidak bisa lagi kalau ada kereta di satu jalur yang sama,” ujar Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Roberth Rouw, Kamis 18 Januari 2024

Menurut Roberth, perbaikan sistem sangat penting untuk segera dilakukan sebagai upaya mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi kereta api. Selain itu, keamanan, keselamatan, dan kenyamanan penumpang dapat terjaga.

"Supaya rakyat yang naik kereta itu merasa nyaman di dalam kereta. Katanya angkutan yang paling nyaman dari semua angkutan itu kereta api, karena dia punya jalur khusus yang tidak bisa diganggu siapapun," ujar Roberth menambahkan.

Catatan SinPo.id menunjukkan pada awal tahun 2024 ini telah terjadi sejumlah kecelakaan kereta di daerah yang berbeda. Di antaranya anjloknya kereta di Stasiun Tanggulangin, tabrakan kereta dengan mobil di lokasi terpisah, serta tabrakan KA Turangga dan KA Lokal Bandung Raya di Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.sinpo

Komentar: