Gus Ipul Minta Nahdliyin Tak Pilih Paslon yang Didukung Ba'asyir, Ini Kata TKN Prabowo-Gibran

Laporan: Sigit Nuryadin
Kamis, 18 Januari 2024 | 18:31 WIB
Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Nusron Wahid. (SinPo.id/Antara)
Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Nusron Wahid. (SinPo.id/Antara)

SinPo.id - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran merespon pernyataan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) yang meminta seluruh warga NU tak memilih pasangan capres dan cawapres yang didukung Abu Bakar Ba'asyir.

Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid menyebut pernyataan Gus Ipul merupakan pendapat pribadi dan tak terkait capres nomor urut 2. Akan tetapi, kata Nusron, pihaknya akan bersyukur jika Gus Ipul memilih paslon Prabowo-Gibran. 

"Iya pertama itu urusannya Gus Ipul, ya kan, urusannya Gus Ipul. Kalau beliau menganjurkan supaya tidak milih pasangan itu ya alhamdulillah Itu haknya beliau, kalau pada dukung pasangan kami ya alhamdulillah juga itu rejeki kami," kata Nusron kepada wartawan di Media Center TKN, Kamis, 18 Januari 2024.

Nusron menegaskan, TKN Prabowo-Gibran diisi dengan orang-orang yang berintegritas. Oleh karenanya, tidak ada yang kekiri atau kekanan dan mendapat dukungan dari berbagai kalangan. 

"Kita ini orang baik-baik kita ini anak sholeh Pak Prabowo itu anak orang baik. Kemudian Mas Gibran itu anak sholeh timnya juga orang baik-baik pasti disayang Tuhan akan mendapatkan terus dukungan dari berbagai pihak, gitu ya," ungkap dia. 

Diketahui, Gus Ipul membeberkan alasannya mengapa meminta warga NU tak memilih paslon yang didukung Abu Bakar Ba'asyir.

"Nah, melihat rekaman Ustaz Abu Bakar Ba'asyir tentang alasan memilih presiden, itu menurut saya berbeda dengan cara kita warga NU sesuai para kiai untuk memilih seorang pemimpin," ungkap Gus Ipul.

Gus Ipul mengatakan warga NU memang merupakan umat Islam. Namun, muslim di Indonesia hidup berdampingan dengan agama lain. Untuk itu, Gus Ipul tak sependapat dengan pernyataan Abu Bakar Ba'asyir.

"Saya menyampaikan kemarin itu mengimbau warga NU untuk tidak memilih calon yang didukung oleh Ustaz Abu Bakar Ba'asyir. Jadi itu satu bahan pertimbangan buat warga NU, sekaligus juga kita ingin posisi PBNU dipahami dengan baik. Kita prihatin dengan tim sukses calon tertentu yang berpikiran eror. Calon itu kan mestinya mendekati, merangkul, ini malah justru mengembangkan wacana-wacana yang tidak baik untuk NU," kata Gus Ipul.sinpo

Komentar: