Jokowi Ingin Pembangunan Hotel di IKN Rampung Sebelum 17 Agustus 2024

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 17 Januari 2024 | 15:36 WIB
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/ Setpres)
Presiden Joko Widodo (SinPo.id/ Setpres)

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap pembangunan hotel di Ibu Kota Nusantara (IKN) rampung sebelum perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus 2024 mendatang.

Sebab, perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia rencananya akan berlangsung di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

Hal ini diungkapkan Jokowi saat melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking Jambuluwuk Nusantara Hotel di IKN.

“Bulan Agustus yang akan datang kita akan melakukan upacara 17-an di Ibu Kota Nusantara. Pertanyaannya, tamu-tamunya nginep di mana? Bisa di Balikpapan karena jalan tolnya sepanjang 47 kilometer juga InsyaAllah di bulan Juli sudah selesai,” kata Jokowi dikutip Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, 17 Januari 2024.

“Tapi akan lebih benar kalau di Ibu Kota Nusantara sudah ada hotel-hotel yang selesai dibangun. Saya yakin 1-2 hotel pasti sudah akan selesai dibangun di ibu kota Nusantara," tambahnya.

Jokowi menjelaskan, sejauh ini sudah ada enam hotel yang masih dalam pembangunan di IKN, baik bintang empat maupun bintang lima.

“Plus hotel Jambuluwuk and resort ini adalah yang keenam, ini sudah yang keenam. Dan hari ini sekali lagi kita akan melakukan groundbreaking pembangunan Hotel Jambuluwuk Nusantara hotel, hotel berbintang lima yang berkonsep modern Indonesia ethnic," paparnya.

Menurut Jokowi, pembangunan Jambuluwuk Nusantara hotel ini bernilai investasi kurang lebih Rp300 miliar dengan kapasitas 200 kamar lebih.

Dengan bertambahnya hotel yang dibangun, Jokowi yakin tamu-tamu yang berkunjung ke IKN tidak akan kesulitan untuk mendapatkan akomodasi. 

“Ini akan menambah jumlah hotel yang akan beroperasi di ibu kota Nusantara, menambah ketersediaan kamar-kamar hotel di IKN," tandasnya.sinpo

Komentar: