Survei IPS: 80,7 Persen Pemilih Prabowo-Gibran Sudah Mantap Tak ke Calon Lain

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Selasa, 16 Januari 2024 | 17:13 WIB
Pasangan Prabowo-Gibran (SinPo.id/ Ashar)
Pasangan Prabowo-Gibran (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Hasil survei Indonesia Polling Station (IPS) menunjukkan 80,7% pemilih Prabowo-Gibran mengaku sudah mantap dengan pilihannya dan tidak akan berpindah paslon capres-cawapres lain ketika pemilu yang akan digelar kurang dari satu bulan lagi. 

"Pemilih Prabowo-Gibran merupakan pendukung paling loyal dengan 80,7 persen responden mengaku sudah mantap dan akan memilih pasangan pilihannya Februari nanti," kata peneliti senior IPS Alfin Sugianto secara daring, Selasa, 16 Januari 2024.

Berdasarkan hasil tersebut, menunjukkan bahwa pemilih paslon nomor urut dua merupakan yang paling banyak merasa mantap dengan pilihannya. Jumlahnya lebih banyak dibanding pemilih Ganjar-Mahfud, yang hanya 73,3% responden mengaku tidak akan berpindah haluan. 

Sementara, pemilih Anies-Muhaimin hanya sebesar 69,3% responden yang mengaku sudah yakin. Sehingga, potensi menjadi swing voters cukup besar, yaitu 29,1%. 

IPS menggunakan teknik wawancara tatap melalui telepon berpedoman kuesioner di 38 provinsi di seluruh wilayah Indonesia dimulai pada tanggal 7 hingga 14 Januari 2024. Jumlah sampel sebesar 1220 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat (multi-state random sampling ) dengan margin of error +/- 2,8%  dan pada tingkat kepercayaan sebesar 95%.sinpo

Komentar: