Prabowo Datang di Perayaan Natal BUMN, Menag: Pertahanan Bersifat Semesta Antar Umat Beragama

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Senin, 15 Januari 2024 | 23:09 WIB
Menhan Prabowo Subianto di acara Natal di Kementerian BUMN (SinPo.id/ Tim Media)
Menhan Prabowo Subianto di acara Natal di Kementerian BUMN (SinPo.id/ Tim Media)

SinPo.id - Menteri Pertahanan Prabowo menghadiri perayaan natal bersama Kementerian BUMN dan BUMN di JCC Senayan, Jakarta, Senin, 15 Januari 2024. Pada kesempatan tersebut, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang juga hadir mengungkapkan pentingnya hubungan antara pertahanan dan masyarakat beragama.

Menurutnya, pertahanan di Indonesia yang menganut Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) memiliki ciri-ciri kerakyatan dan kewilayahan.

"Sistem pertahanan negara kita bersifat semesta artinya sistem yang memiliki ciri-ciri kerakyatan dan kewilayahan. Kalau bicara kerakyatan di dalamnya ada warga beragama," ujar Yaqut.

Kemudian, Yaqut pun mengatakan berdasarkan hal itu menurutnya sangat signifikan dan terhubung mengapa Menteri Pertahanan harus hadir di antara umat beragama yang ada di ruangan ini.

"Terima kasih Pak Prabowo berkenan hadir, ini memperkuat atau meringankan tugas saya sebagai Menag, karena ada Menhan yang menjadi back-up," canda Yaqut kepada Prabowo.

Yaqut menyebut dirinya, Prabowo, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Wakil Menteri BUMN Kartiko Wirjoatmodjo memang seorang muslim. Namun, kata dia, perbedaan itu tidak menghalangi persaudaraan mereka semua.sinpo

Komentar: