Jokowi Minta Penerima Beasiswa LPDP Naik Lima Kali Lipat

Laporan: Khaerul Anam
Senin, 15 Januari 2024 | 14:14 WIB
Presiden Joko Widodo (Sinpo.id/Setpres)
Presiden Joko Widodo (Sinpo.id/Setpres)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar penerima beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) ditambah hingga lima kali lipat. Penambahan itu mengacu pada dana yang terus bertambah setiap tahunnya.

Menurutnya, jumlah penerima beasiswa saat ini sudah meningkat tujuh kali lipat dari awal LPDP dibuka. Namun, jumlah tersebut masih sangat kurang. 

"Saya kira perlu ditingkatkan paling tidak lima kali lipat dari yang sudah ada sekarang," kata Jokowi saat membuka temu tahunan XXV Forum Rektor Indonesia, di Surabaya, Senin, 15 Januari 2024.

Jokowi memaparkan anggaran pendidikan dalam APBN pada 2009-2024 atau selama 15 tahun terakhir mencapai Rp6.400 triliun.

Menurutnya ada peningkatan pendanaan untuk LPDP dari Rp1 triliun saat dimulai hingga menjadi Rp139 triliun. Untuk itu, berharap dana LPDP perlu ditingkatkan lagi di masa depan.

“Sekarang di 2023 kemarin sudah mencapai Rp139 triliun," paparnya.

Jokowi memahami bahwa peningkatan dana pendidikan memerlukan anggaran dan biaya besar. Karenanya, pemerintah wajib untuk meningkatkan angka agar rasio lulusan naik dengan cara apa pun. 

Ia juga mengajak semua perguruan tinggi untuk menguatkan kolaborasi dan sinergi untuk kepentingan bangsa.

“Saya mengajak seluruh perguruan tinggi untuk menguatkan kolaborasi dan sinergi serta melahirkan lebih banyak solusi-solusi untuk mewujudkan kemajuan negara kita Indonesia,” tandasnya.
sinpo

Komentar: