Ganjar Dukung Prabowo Percepat Pembangunan Tanggul Laut Raksasa di Jawa

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 11 Januari 2024 | 15:38 WIB
Prabowo Subianto bercengkerama dengan masyarakat (Sinpo.id/Tim Media)
Prabowo Subianto bercengkerama dengan masyarakat (Sinpo.id/Tim Media)

SinPo.id - Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mendukung rencana pemerintah mempercepat pembangunan tanggul laut raksasa (giant sea wall) untuk memitigasi dampak dari degradasi Pantai Utara Jawa dengan membentuk satgas.

Rencana pembentukan satgas percepatan pembangunan ini disampaikan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) RI sekaligus capres nomor urut 2 Prabowo Subianto.

"Oh iya? Saya kira ide bagus ya. Pak Prabowo yang menyampaikan?" kata Ganjar dalam keterangannya, Jakarta, Kamis, 11 Januari 2024.

Dia berkelakar dirinya dan Prabowo satu guru dalam hal tersebut. Oleh karena itu, Ganjar menyatakan sikap saling dukung atas rencana tersebut.

Menurutnya, rencana tersebut sama dengan usulannya terkait pembangunan giant sea wall ke pemerintah pusat pada 2013. Rencana tersebut disetujui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan membangun tanggul laut sekaligus jalan tol Semarang-Demak.

"Saling mendukung. Kan positif toh," ujarnya.

Kendati demikian, dia mengingatkan perhitungan pembangunan itu harus dilakukan dengan cermat demi kemaslahatan bersama.

"Ya tidak apa-apa, mungkin dia untuk pertahanan laut kan. Tapi memang benar dari sisi ketahanan itu penting, karena kalau kemudian itu bisa diamankan, ya kita semua berpikir. Saya terima kasih kalau bisa kita mendapatkan dukungan. Cuman apakah bentuknya tanggul laut raksasa atau di beberapa titik, itu lebih ke organik," kata Ganjar.

Sebelumnya, Ketua Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas, Wahyu Utomo, mengatakan pembangunan Tanggul Pantai dan Tanggul Laut nantinya melibatkan banyak pihak mulai dari berbagai kementerian, akademisi hingga para ahli. Pemerintah berencana membentuk satuan tugas khusus untuk menyelesaikan mega proyek tersebut.

"Pasti masing-masing kementerian akan diajak sesuai tupoksinya. Dan yang tadi disampaikan kalau kita membangun ini, hilangkan isu sektoral. Jadi nanti bersama-sama mungkin dengan teman teman PU yang akan memimpin, dan akademisi yang akan diajak, dan mungkin ahli-ahli dunia," kata Wahyu usai Seminar Nasional bertajuk 'Strategi Perlindungan Kawasan Pulau Jawa, Melalui Pembangunan Tanggul Pantai dan Tanggul Laut' di Jakarta.

 sinpo

Komentar: