Jokowi Temui Bongbong Marcos, Sepakati Perkuat Perbatasan hingga Perdagangan Kopi

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 10 Januari 2024 | 14:27 WIB
Presiden Jokowi menemui Bongbong Marcos. (SinPo.id/tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi menemui Bongbong Marcos. (SinPo.id/tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

SinPo.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Presiden Filipina Bongbong Marcos, di Istana Malacanang, Manila, Filipina. Pertemuan keduanya menghasilkan beberapa kesepakatan.

"75 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Filipina adalah momen terbaik untuk lebih memperkuat kerja sama konkret kedua negara," kata Jokowi saat memberikan keterangan pers bersama, seperti dikutip Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, 10 Januari 2024.

Jokowi memaparkan, ada tiga kesepakatan yang dilakukan antar kedua negara. Pertama, di bidang politik dan keamanan, dimana kedua negara sepakat memperkuat kerja sama perbatasan.

"Kemi sepakat memperkuat kerja sama perbatasan yang telah saya sampaikan pentingnya mendorong percepatan revisi border patrol agreement, border crossing agreement dan penyelesaian batas landas kontinen serta penguatan kerja sama pertahanan termasuk alutsista," ujarnya.

Kedua, mengenai kerja sama ekonomi dan perdagangan. Kedua negara sepakat untuk membuka akses pasar hingga jaminan ekspor kopi asal Indonesia.

"Kami sepakat untuk terus membuka akses pasar dan Indonesia meminta dukungan Filipina terkait dengan special ship guard measures untuk produk kopi Indonesia," ucap Jokowi.

Kemudian yang ketiga, Indonesia dan Filipina sepakat mengenai pentingnya penguatan dan sentralitas ASEAN.

"Bukan hanya jargon serta ASEAN yang harus terus berpegang pada prinsip-prinsip hukum internasional dan menjaga positif force untuk menjaga perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran," tandasnya.sinpo

Komentar: