Hari ke-44 Kampanye, Prabowo di Jakarta dan Gibran Pertebal Dukungan Nahdliyin Jatim

Laporan: Juven Martua Sitompul
Rabu, 10 Januari 2024 | 10:11 WIB
Capres Prabowo Subianto di Riau (SinPo.id/ Tim Media)
Capres Prabowo Subianto di Riau (SinPo.id/ Tim Media)

SinPo.id - Calon presiden (capres) nomor urut 2 Prabowo Subianto kembali bekerja sebagai menteri pertahanan (menhan) pada hari ke-44 kampanye atau Rabu, 10 Januari 2024. Prabowo akan menghadiri sejumlah kegiatan di Jakarta.

Di Jakarta, Prabowo dijadwalkan menghadiri kegiatan Seminar Nasional Strategi Perlindungan Kawasan Pulau Jawa melalui Tanggul Pantai dan Tanggul Laut (giant sea wall) yang digelar Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian di salah satu hotel di kawasan Jakarta Pusat, Jakarta, sekitar pukul 09.30 WIB.

Kemudian, pukul 17.00 WIB, Prabowo akan melanjutkan kegiatan di kawasan Muara Angke dalam kapasitasnya sebagai capres untuk menghadiri deklarasi dukungan dari kelompok relawan nelayan.

Sementara itu, calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka melanjutkan safari politiknya dengan berkampanye di dua daerah di Jawa Timur (Jatim), yakni Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember.

Di sana, Gibran akan mengunjungi beberapa pondok pesantren. Dia akan bertemu dengan 1000 kiai, menggelar pertemuan dengan komunitas anak muda, dan mengikuti olah raga santai.

Kemudian, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu dijadwalkan melanjutkan kampanyenya ke Kabupaten Jember pada Kamis, 11 Januari 2024. Gibran akan mengunjungi salah satu pondok pesantren dan ditutup dengan mengikuti acara selawat di Stadion Jember.

Kegiatan Gibran di dua daerah di ujung timur Pulau Jawa itu difokuskan untuk menyentuh basis nahdliyin sebagai kekuatan utama di wilayah tersebut.

"Kunjungan Gibran ke Banyuwangi dan Jember diharapkan semakin mempertebal kemenangan Prabowo-Gibran di Jatim," kata Wakil Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Aminuddin Ma'ruf.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga pasangan capres dan cawapres peserta Pilpres 2024. Mereka, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU menetapkan masa kampanye berlangsung 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Sementara itu, pemungutan suara berlangsung pada 14 Februari 2024.sinpo

Komentar: