Kampanye ke Gorontalo, Anies Temui Ratusan Petani

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 09 Januari 2024 | 16:38 WIB
Capres Anies Baswedan (SinPo.id/ Reuters)
Capres Anies Baswedan (SinPo.id/ Reuters)

SinPo.id - Calon presiden (Capres) nomor urut satu, Anies Baswedan, untuk pertama kalinya berkunjung ke Provinsi Gorontalo dalam rangka melanjutkan misi kampanyenya. Kedatangannya bahkan disambut oleh kerumunan dari masyarakat setempat.

"Ini pertama kali saya ke Gorontalo, Alhamdulillah senang sekali, kalau niatnya sudah lama dan sekarang tertunaikan," kata Anies, melalui video yang ia bagikan di akun Instagram miliknya, Selasa 9 Januari 2024.

Kedatangannya di Bandara juga langsung disambut dengan upacara adat Mopotilolo, yang merupakan adat khas Gorontalo untuk menyambut pejabat negara yang baru pertama kalinya menginjakkan kaki di Provinsi tersebut.

Dalam kunjungannya, Anies juga bertemu dengan ratusan petani di Bulotalangi Timur, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. Ia mengatakan, akan membuat Gorontalo menjadi Kota Agropolitan atau kota jasa yang memfasilitasi kebutuhan pertanian dan pengolahan pangan.

"Kami datang ke sini ingin membangun Gorontalo menjadi salah satu dari kota yang di upgrade menjadikan Gorontalo sebagai Kota Agropolitan," kata Anies dihadapan para petani.

Dengan demikian, Anies berharap Kota Agropolitan, Gorontalo, akan menjadi kota jasa yang memfasilitasi kebutuhan pertanian, kebutuhan-kebutuhan pengolahan pangan, yang mengembangkan industri pengolahan.

"Jadi dua sisi, satu sisi menjadi jasa, di sisi lain menjadi kota pengolahan industri hasil pertanian. Jadi dengan begitu harapannya Gorontalo menjadi satu dari 40 kota di Indonesia yang kita upgrade," paparnya.

Oleh karena itu, kata Anies, pembangunan di Indonesia dapat merata merata, sesuai dengan potensi yang dimiliki. Termasuk Gorontalo yang akan menjadi tempat percontohan pertanian, karena jagung, kakao dan jenis tumbuhan lainnya dapat tumbuh dengan baik.sinpo

Komentar: