Perkuat Pertahanan, Prabowo: Saya Bentuk Empat Fakultas Baru di Unhan

Laporan: Sigit Nuryadin
Minggu, 07 Januari 2024 | 21:01 WIB
Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto (Sinpo.id/Tim Media)
Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto (Sinpo.id/Tim Media)

SinPo.id - Calon Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto menyebut jika akar dari persoalan tentang pertahanan Indonesia ialah sumber daya manusia yang kurang dipersiapkan secara terstruktur. Oleh karenanya, ketika terpilih menjadi Menteri Pertahanan (Menhan), ia langsung membentuk empat fakultas baru di Universitas Pertahanan (Unhan). 

"Saya begitu jadi Menteri saya membentuk 4 fakultas baru di bidang sains, teknologi engineering dan matematika," ucap Prabowo dalam debat capres ketiga di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 7 Januari 2024.

"Kita menyiapkan putra putri kita terbaik untuk menguasai teknologi, science, untuk menguasai AI, cyber. Bukan barang yang kita beli. Kita harus kuasai, know, how-nya," sambung dia. 

Menurut Prabowo, capres nomor urut 1, Anies Baswedan teoretis bicara soal pertahanan dalam konteks cyber hingga teknologi. Menurutnya, Anies tidak fokus pada persoalan utama. 

"Sekali lagi saya berpandangan Pak Anies juga terlalu teoritis, semuanya bagus, indah, tetapi yang nyata tentang masalah AI, cyber, teknologi tinggi adalah sumber daya manusianya, awaknya," kata Prabowo. 

Tema debat capres ketiga kali ini ialah seputar pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.sinpo

Komentar: