Prabowo Jadikan UUD 45 sebagai Pedoman Pertahanan Indonesia

Laporan: Sigit Nuryadin
Minggu, 07 Januari 2024 | 20:33 WIB
Prabowo-Gibran di acara Debat Capres (Sinpo.id/Tim Media)
Prabowo-Gibran di acara Debat Capres (Sinpo.id/Tim Media)

SinPo.id -  Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto menyampaikan visi misinya dalam debat capres ketiga dengan tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 7 Januari 2024.

Prabowo menegaskan bakal berpedoman dengan pembukaan Undang-Undang 1945 terkait tujuan pertahanan nasional. 

"Kita kembali kepada dasar kita tujuan nasional yang tercantum dalam undang-undang dasar kita dan pembukaan undang-undang Dasar 1945 tercantum sangat tegas bahwa tujuan nasional kita yang pertama adalah melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia," ujar Prabowo dalam debat.

Prabowo menyebut, akan melindungi seluruh rakyat Indonesia dengan mengelola sumber daya alam yang dimiliki bangsa ini. Hal itu penting lantaran untuk menunjang sumber daya manusia. 

"Untuk rakyat kita hidup layak punya pekerjaan layak kita harus menjaga kekayaan kita, kita harus menjaga dan abis itu kita harus mengelola kekayaan," ungkap dia. 

Terkait dengan kebijakan politik luar negeri Indonesia, Prabowo menyampaikan bakal meneruskan dengan sikap bebas aktif yang tidak berpihak ke blok manapun. 

"Politik luar negeri kita secara tradisi sejak awal kita merdeka adalah bebas aktif dengan non blok tidak memihak tidak ikut blok manapun. Fakta ini akan saya teruskan dengan hubungan baik dengan semua kekuatan," kata Prabowo.
sinpo

Komentar: