Krisis Kemanusiaan di Gaza Memburuk, PBB: Perang Harus Segera Dihentikan

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 07 Januari 2024 | 11:50 WIB
Wakil sekretaris jenderal PBB untuk urusan kemanusiaan dan koordinator bantuan darurat, Martin Griffiths (SinPo.id/ Reuters)
Wakil sekretaris jenderal PBB untuk urusan kemanusiaan dan koordinator bantuan darurat, Martin Griffiths (SinPo.id/ Reuters)

SinPo.id -  Wakil sekretaris jenderal PBB untuk urusan kemanusiaan dan koordinator bantuan darurat, Martin Griffiths, meminta agar perang di Gaza segera dihentikan, karena memburuknya krisis kemanusiaan di wilayah tersebut.

Menurutnya, Gaza saat ini telah berubah menjadi tempat kematian. Para penduduknya yang berada di pengungsian, harus menghadapi bencana kesehatan dan kelaparan akibat penyakit menular yang menyebar, serta tingkat kerawanan pangan yang tinggi.

Selain itu, Griffiths mengatakan, 12 minggu terakhir ini merupakan masa yang traumatis bagi warga Gaza, khususnya anak-anak. Mereka harus hidup di tengah suara perang yang menakutkan setiap harinya, tanpa makanan, air, dan sekolah.

“Gaza sudah tidak bisa dihuni lagi. Penduduknya setiap hari menyaksikan ancaman terhadap keberadaan mereka, sementara dunia terus menyaksikannya," kata Griffiths dalam sebuah pernyataan. Dilansir dari Sky News, Minggu 7 Januari 2024.

Oleh karena itu, ia meminta agar perang dapat segera dihentikan, agar bantuan kemanusiaan dapat masuk ke wilayah tersebut, dan keamanan bagi warga Gaza terjamin sepenuhnya.

“Sudah waktunya bagi semua pihak untuk memenuhi seluruh kewajiban mereka berdasarkan hukum internasional, termasuk melindungi warga sipil dan memenuhi kebutuhan penting mereka, dan segera membebaskan semua sandera," ungkapnya.

“Sudah waktunya bagi komunitas internasional untuk menggunakan seluruh pengaruhnya untuk mewujudkan hal ini. Perang ini seharusnya tidak pernah dimulai. Tetapi perang ini sudah seharusnya berakhir," kata Griffiths menambahkan.sinpo

Komentar: