koran sin po 7 januari 1928

Perkatahan-perkatahan Baroe.

Laporan: Sinpo
Minggu, 07 Januari 2024 | 09:39 WIB
Koran Sin Po 7 Januari 1928 (Monash University/SinPo.id)
Koran Sin Po 7 Januari 1928 (Monash University/SinPo.id)

Dalem soerat-soekarat kabar jang diterbitken dalem bahasa Melajoe, kadang-kadang orang menampak perkatahan-perkatahan baroe jang djinaka tapi sering djitoe djoega.

Begitoelah itoe perkatahan „didigoc]in,> sampe diambil over oleh pers Blanda jang tetoeroetan goenaken oetjapan „gedigoeld". Dalem Bint. Timoer kita dapet batja lagi satoe perkatahan baroe, jalah, di-noncooperatorkan” berhoeboeng dengen oeroesannja toean Panoedjoe Ranoeroto lid dari gemeenteraad di Tegal jang minta brenti sebab merasa koerang senang jang ia ditjoei'igaken dan diïntip oleh spion politie, maskipoen ia sama-sekali tickï ’bersalah.

Lantaran itoe dari satoe lid mintrad, jahxh co-öperator, ia sampe berbalik mendjadi satoe orang jang tida soedi bertjokol lagi lebih lama di sitoe, jalah satoe non-coöperator.  Ini tentoe bikin orang inget apa jang doeloe perna kadjadian dalem Gemeenteraad di Soerabaja, di waktoe antero iid-lid Boemipoetra di-non cooperatorkan sebab merasa dirinja diperlakoeken setjara boekan moestinja.

Tapi kadang-kadang ada soerat kabar jang bikin perkatahan baroe 3ang meleset, seperti Lelah dilakoeoleh satoe koran di Tanah Sebrang jang tjiptaken perkatahan baroe, jalah ”publicistman”.

Apa tida lebih bagoes lagi djadiken itoe „toekang-publicistman-orang soei-at kabaa:journalist,sebab ini 'bih'mirip denken tjonto klassiek dari Jacob Cats jang djoega bilang „ciesalnietteminenevenwelnochtans"....

Omong Sebagi journalist orang sekosong. ring,ngalamken bagimana kabar kabaran seringkali banjak sekali dilebih-lebihken, hingga njamoek sering kaliatannja ampir seperti gadja. Dan jang lebih loetjoe lagi, hal-hal jang sama-sekali tida ada, sering- tersiar di loearan dan ditelan oleh publiek.

Begitoelah di Semarang ada orang jang siarken tjerita, bahoea bebrapa orang dari Sin Po telah dipanggil oleh procureur-geïieraal dan dikasi inget boeat ..........ja boeat apa, itoe toekang- isep djempol sendiri „tida taoe".

Disini baek diterangken belon perna ada orang Sin Po dari jang paling bawah sampe jang paling atas jang dipanggil mengadep oleh procureur generaal atawa oleh pembesar jang mana poen di Batavia atawa poen di laen tempat, dan djoega tida ada jang dikasi inget, dengen soerat tida, dengen moeloet tida dan dengen radio poen tida.

Jang djadi dasar dari ini dongengan boleh djadi ada itoe perkara kita soengkan moeat lagi advertentie dari firma Japan Ogawa; di itoe ketika betoel ada pembesar politie jang minta katerangan dari kita, tapi sama-sekali boekan mengantjem atawa ”kasi inget” atawa laen-laen lagi.

Njamoek ditioep djadi gadja, dan soepaja sang gadja tida ditioep lagi mendjadi Leviathan, kita merasa tida djahatnja boeat kasi ini sedikit katerangan, jalah bahoea itoe omongan di Semarang ada djoesta b e 1 ak a sam a-s ekali dan ada isepan djempol dari A sampe Z.sinpo

Komentar: