BKSAP DPR RI Kutuk Tindakan Teroris yang Tewaskan Lebih dari 100 Orang di Iran

Laporan: Galuh Ratnatika
Jumat, 05 Januari 2024 | 07:27 WIB
BKSAP DPR
BKSAP DPR

SinPo.id -  Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon, mengutuk tindakan teroris yang diduga kuat didalangi oleh Israel, dan menewaskan lebih dari 100 orang dalam acara peringatan empat tahun meninggalnya komandan Qassem Soleimani di Iran.

“Dubes Iran, Mohammad Boroujerdi menyampaikan bahwa ada satu kejadian juga yang terjadi kemarin di Iran, satu tindakan terrorist attack yang dilakukan oleh Israel yang telah menewaskan lebih dari 100 orang di Iran," kata Fadli melalui keterangan persnya, Kamis 4 Januari 2024.

"Mereka berharap ada dukungan dari Parlemen Indonesia untuk mengutuk aktivitas tersebut karena yang menjadi korban adalah masyarakat sipil,” sambungnya.

Ia juga mengajak seluruh negara-negara internasional untuk segera menghentikan kekejaman Israel, dengan terus berupaya terlibat aktif dalam mempengaruhi Amerika Serikat (AS).

“Karena yang bisa menghentikan apa yang dilakukan oleh Israel sekarang ini hanya Amerika Serikat dan juga negara-negara barat. Ini menunjukkan reputasi mereka, kalau mereka membiarkan ini, artinya mereka berpartisipasi di dalam proses genosida yang telah dan sedang terjadi,” terangnya.

Oleh karena itu, Fadli berharap ada lebih banyak negara yang berani mengambil sikap terhadap  kejahatan Israel ini, termasuk mengajukan kejahatan tersebut ke (International Court Of Justice/ICJ) atau Mahkamah Internasional. 

Pasalnya, selama ini Israel merasa berani karena adanya dukungan dari AS untuk melakukan segala macam kekejaman. Salah satunya melakukan genosida terhadap rakyat Palestina yang hingga kini masih terus berlanjut.

Seperti diketahui, ratusan orang lainnya terluka akibat aksi teror di pemakaman tempat Soleimani dimakamkan saat peringatan empat tahun kematiannya, yakni di kota Kerman di tenggara Iran. Ledakan tersebut terjadi dua kali dalam jeda waktu 20 menit.

 sinpo

Komentar: