Jokowi Resmikan Enam Jembatan Baru di Pulau Jawa Bernilai Rp292 Miliar

Laporan: Khaerul Anam
Rabu, 03 Januari 2024 | 20:05 WIB
Peresmian 6 jembatan baru oleh Presiden Joko Widodo (Sinpo.id/Setpres)
Peresmian 6 jembatan baru oleh Presiden Joko Widodo (Sinpo.id/Setpres)

SinPo.id -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan enam jembatan gantung di kawasan jalur lintas utara Pulau Jawa. Pembangunan keenam jembatan baru itu menggantikan jembatan sebelumnya yang sudah tidak layak untuk dilintasi.

"Pada sore hari ini juga di Lintas Utara akan kita resmikan enam jembatan sebagai pengganti jembatan Callender Hamilton yang sudah lebih dari 40 tahun usia layanannya," kata Jokowi dipantau melalui Youtube Sekretariat Presiden, Rabu, 3 Januari 2023.

Jokowi menyebutkan, ke enam jembatan itu yakni Jembatan Pemali Brebes B, Jembatan Pedes B di Kabupaten Brebes, Jembatan Kalibanger A di Kota Semarang, Jembatan Wonokerto II A di Kabupaten Demak, Jembatan Juana I A di Kabupaten Pati, dan Jembatan Pang I di Kabupaten Rembang.

Mantan Walikota Solo itu berharap jembatan baru ini dapat menampung beban yang lebih berat hingga mempercepat mobilitas orang maupun barang. 

"Jembatan ini perlu pengganti yang baru sehingga bebannya menjadi lebih baik dan mobilitas orang, mobilitas barang, mobilitas logistik itu bisa berjalan dengan cepat di atasnya," ujarnya.

Adapun Jokowi menyebut total biaya konstruksi pembangunan jembatan ini mencapai Rp292 miliar, dengan total investasi Rp705 miliar.

"Total biaya konstruksinya Rp292 miliar dan total investasi Rp705 miliar. Saya rasa itu yang ingin saya sampaikan," tandasnya.
sinpo

Komentar: