Gempa Dahsyat Melanda Jepang, WNI Diimbau Tetap Waspada

Laporan: Galuh Ratnatika
Selasa, 02 Januari 2024 | 20:38 WIB
Gempa yang melanda Ishikawa (SinPo.id/ AFP)
Gempa yang melanda Ishikawa (SinPo.id/ AFP)

SinPo.id - KBRI Tokyo dan KJRI Osaka telah mengeluarkan imbauan agar warga negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Jepang tetap waspada atas gempa susulan dan tsunami, setelah ​gempa berkekuatan magnitudo sekitar 7.4 melanda prefektur Ishikawa, Jepang.

Pasalnya, gempa yang terjadi pada 1 Januari 2024 kemarin, sekitar pukul 16.10 JST atau 14.10 WIB, telah menyebabkan gelombang tsunami di beberapa wilayah.

Terlebih sistem lapor diri KBRI Tokyo mencatat terdapat 1.315 WNI yang menetap di Prefektur Ishikawa. Sehingga diharapkan WNI selalu memantau informasi dan arahan dari otoritas setempat.

"Kemlu saat ini sedang berkoordinasi dengan KBRI Tokyo dan KJRI Osaka untuk mengetahui dampak gempa dan tsunami," tulis Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, dalam pernyataan resminya, dikutip Selasa 2 Januari 2024.

Adapun gempa juga dirasakan di wilayah Prefektur Niigata, Toyama, Fukui, Nagano, Gifu, Tokyo, Yamagata, Fukushima, Ibaraki, Tochigi, Gunma, Saitama, Shizuoka, Aichi, Mie, Shiga, Kyoto, Osaka, Hyogo, Nara, Tottori, Iwate, Miyagi, dan Akita.sinpo

Komentar: