IPW Sebut Jumlah Aduan Masyarakat Soal Kinerja Polri Turun Signifikan

Laporan: Sigit Nuryadin
Minggu, 31 Desember 2023 | 22:55 WIB
Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)
Ketua Indonesia Police Watch (IPW), Sugeng Teguh Santoso (SinPo.id/ Galuh Ratnatika)

SinPo.id - Indonesia Police Watch (IPW) menyampaikan ihwal penurunan yang signifikan soal aduan masyarakat terkait kinerja Polri. Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso menyebut pada tahun 2023 ini ada 79 aduan masyarakat dibanding tahun 2022 sebanyak 179 ke pihaknya. 

"Pengaduan masyarakat pada IPW terkait kinerja Polri menurun dari tahun sebelumnya," ujar Sugeng dalam keterangannya, Minggu, 31 Desember 2023.

Menurut dia, penurunan jumlah pengaduan masyarakat kepada IPW tersebut berkorelasi dengan hasil survei Litbang Kompas yang menunjukkan kepuasan publik kepada institusi Polri yang mencapai 87 persen.

Sugeng berujar, indikator tingginya kepercayaan publik kepada Polri tersebut salah satunya karena optimalnya pengawasan dan penegakan hukum, termasuk di internal Polri sendiri.

"Peningkatan publik tersebut diduga kuat karena adanya pengawasan melekat oleh atasan dan/atau atasan langsung dari anggota Polri yang diduga melakukan pelanggaran etik, disiplin, dan/atau pidana," tuturnya. 

Kendati demikian, Sugeng menuturkan, IPW masih memiliki catatan kritis terhadap korps Bhayangkara, salah satunya mengenai kecepatan penanganan kasus.

"Fenomena no viral no justice masih terjadi. Artinya bila diviralkan, respons atau atensi pimpinan Polri menjadi lebih cepat atas aduan masyarakat yang viral tersebut," kata Sugeng. sinpo

Komentar: