Kang Emil Yakin Tema Debat Pertahanan Bakal Menaikkan Elektabilitas Prabowo

Laporan: Juven Martua Sitompul
Sabtu, 30 Desember 2023 | 20:04 WIB
Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran wilayah Jawa Barat, Ridwan Kamil (SinPo.id/ Tim Media)
Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran wilayah Jawa Barat, Ridwan Kamil (SinPo.id/ Tim Media)

SinPo.id - Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran wilayah Jawa Barat, Ridwan Kamil, meyakini debat ketiga capres dengan tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik, akan memompa elektabilitas pasangan capres dan cawapres nomor urut 3 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Insyaallah kami meyakini akan menambah persentase kenaikan elektabilitas pasangan 02," kata Kang Emil saat dihubungi dari Jakarta, Sabtu, 30 Desember 2023.

Mantan gubernur Jawa Barat itu menilai tema debat ketiga, yang akan digelar pada 7 Januari 2024 itu akan menguntungkan capres Prabowo Subianto karena berpengalaman dengan latar belakangnya dari militer.

Selain itu, jabatan menteri pertahanan yang saat ini diemban Prabowo juga akan semakin membuatnya kuat dan menguasai jalannya debat.

"Debat pertahanan dan keamanan tentunya strong point Pak Prabowo," kata Kang Emil.

Namun demikian, dia menambahkan hasil debat tidak serta merta membuat para pemilih bimbang, yang jumlahnya mencapai 6 hingga 7 persen akan langsung menentukan pilihan mereka.

Tugas para pasangan calon dan KPU sebagai penyelenggara pemilu, kata dia, hanya memastikan jumlah golongan putih (golput) bisa seminimal mungkin untuk membuka peluang Pilpres 2024 berlangsung satu putaran.

"Pemilih bimbang itu selalu ada sampai detik akhir. Sesuatu hal yang lumrah. Mereka ini kelompok yg memutuskan saat di TPS (tempat pemungutan suara). Tugas pasangan calon dan KPU adalah memastikan jumlah golput sesedikit mungkin, sehingga satu putaran sangat mungkin," ujar Kang Emil.sinpo

Komentar: