Prabowo Minta Unhan Kaji Solusi Rumah Warga yang Terdampak Naiknya Air Laut

Laporan: Tri Setyo Nugroho
Sabtu, 30 Desember 2023 | 21:37 WIB
Menhan Prabowo Subianto (SinPo.id/ Tim Media Prabowo)
Menhan Prabowo Subianto (SinPo.id/ Tim Media Prabowo)

SinPo.id - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan bahwa warga pesisir yang rumahnya terdampak naiknya air laut perlu dibantu untuk diberikan solusi. Oleh sebab itu, ia memerintahkan satuan tugas (satgas) Universitas Pertahanan (Unhan) RI untuk mengkaji permasalahan tersebut. 

"Saya perintahkan ada satgas untuk membantu perumahan murah untuk rakyat di daerah-daerah yang sekarang ini kena naiknya air (laut)," kata Prabowo saat meresmikan lima titik bantuan sumber air bersih di Desa Karanganyar, Jampang Kulon, Sukabumi pada Sabtu, 30 Desember 2023.

Prabowo melanjutkan, kini Unhan RI sedang melakukan berbagai riset dan kajian teknologi yang dapat membantu masyarakat tersebut. Menurutnya, permasalahan itu harus diatasi sesegera mungkin.

"Naiknya permukaan laut keatas sehingga banyak rakyat kita yang tergenang. Ini harus segara kita atasi, kita bantu. Universitas Pertahanan sedang riset, mengkaji teknologi yang baik untuk mengatasi ini," ujar Prabowo.

Prabowo telah membentuk satgas Unhan RI untuk mencari, menggali dan mengalirkan air bersih di berbagai daerah Indonesia.

Proyek bantuan itu merupakan bentuk pengabdian terhadap masyarakat yang manfaatnya kini telah dirasakan oleh puluhan ribu warga.

Hingga kini, sebanyak 110 titik bantuan sumber air sudah diresmikan yang tersebar di Indonesia, seperti di Sumba, Lombok, Maluku, Jateng, Jatim, dan Madura. Adapun kini terdapat 142 titik yang masih dalam proses pengerjaan dan akan diresmikan.sinpo

Komentar: