148 Terduga Teroris Berhasil Ditangkap Sepanjang 2023

Laporan: Sigit Nuryadin
Sabtu, 30 Desember 2023 | 14:40 WIB
Ilustrasi (Sinpo.id/Gettyimages)
Ilustrasi (Sinpo.id/Gettyimages)

SinPo.id -  Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) memebeberkan hasil penangkapan pelaku terduga terorisme sepanjang 2023. Berdasarkan data BNPT sebanyak 148 orang terduga teroris berhasil ditangkap.

Para terduga teroris yang ditangkap tersebut didominasi anggota jaringan Jamaah Islamiyah (JI) dan Jamaah Ansharut Daulah (JAD).

"Sebanyak 148 teroris telah ditangkap sepanjang 2023, yang didominasi oleh kelompok Jamaah Islamiah dan Jamaah Ansharut Daulah,"  kata Kepala BNPT Komjen Rycko Amelza Dahnie dalam keterangannya dikutip Sabtu, 30 Desember 2023.

Menurut Ryoko, jaringan JI dan JAD merupakan kelompok yang teralifiasi dengan kelompok teroris Qaeda dan ISIS. 

"Dua kelompok jaringan teror inilah yang berkiblat pada Al Qaeda dan ISIS," tutur dia. 

Kendati demikian, Ryoko mengatakan, tidak ada aksi terorisme selama 2023 di Indonesia. Akan tetapi, masyarakat diminta tetap waspada dan tidak terpengaruh oleh paparan intoleransi, radikalisme, dan terorisme.

"Meski begitu, kita tidak boleh berpuas diri. Paparan radikal kepada kelompok rentan, yaitu perempuan, anak-anak, remaja, masih terus terjadi. Bahkan kelompok ini menjadi target tertinggi kelompok ini adalah generasi muda penerus bangsa," kata Rycko.

Lebih lanjut, Rycko menegaskan, kelompok-kelompok radikal masih melakukan penguatan dan berupaya memperluas jaringan. 

Selain itu, kata dia, mereka secara diam-diam diduga melakukan kegiatan yang memanfaatkan kampus dan organisasi kepemudaan.

"Dari dalam negeri Jamaah Islamiyah terus melakukan rekrutmen kajian dan pelatihan untuk penguatan organisasi. Upaya ini diduga dilakukan melalui kegiatan yang memanfaatkan kampus dan kepemudaan dengan mengatasnamakan agama," ujar dia. sinpo

Komentar: