Pemerintah Carikan Lokasi Aman untuk Pengungsi Rohingya

Laporan: Tim Redaksi
Sabtu, 30 Desember 2023 | 06:19 WIB
Pengungsi Rohingya (NU Online)
Pengungsi Rohingya (NU Online)

SinPo.id -  137 pengungsi Rohingya yang ditampung di Balai Meuseraya Aceh (BMA), Kota Banda Aceh akan dipindah ke tempat yang lebih aman setelah mereka diusir mahasiswa. Pernyataan itu disampaikan Menko Polhukam Mahfud MD.

"Saya sudah mengambil keputusan dan tindakan agar pengungsi Rohingya itu ditempatkan di satu tempat yang aman," ujarnya kepada wartawan di Pondok Pesantren Al-Khoziny pada Kamis 28 Desember 2023.

Sejumlah mahasiswa mengangkut paksa 137 pengungsi Rohingya yang ditampung di Balai Meuseraya Aceh (BMA), Kota Banda Aceh, Rabu 27 Desember 2023. Mereka dibawa ke Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Aceh dengan dua truk.

Menurut dia, polisi di Aceh telah dikerahkan untuk menjaga keamanan para pengungsi Rohingya. Dia berharap peristiwa pengusiran itu tidak terulang.

"Saya sudah berpesan agar aparat keamanan menjaga (para pengungsi) karena ini soal kemanusiaan, soal kemanusiaan. Satu ditempatkan di gedung PMI (Palang Merah Indonesia), sebagian lagi ditempatkan di gedung Yayasan Aceh. Saya sudah koordinasi dengan Ketua PMI pusat Pak Jusuf Kalla," ujarnya.

Dia menambahkan pengungsi Rohingya itu tak bisa pulang ke negara asalnya. Untuk itu, pemerintah berkoordinasi dengan UNHCR terkait nasib para pengungsi tersebut.sinpo

Komentar: