Kapolri Rotasi Ratusan Personel, Kapolda Sulut hingga Karopenmas Berganti

Laporan: Martahan Sohuturon
Kamis, 28 Desember 2023 | 20:55 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (SinPo.id/Dok. Humas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (SinPo.id/Dok. Humas Polri)

SinPo.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali melakukan mutasi dan rotasi dalam jajarannya pada Kamis, 28 Desember 2023.

Total sebanyak 483 personel dimutasi dan dirotasi yang tertuang dalam Surat Telegram (ST) bernomor ST/2864/XII/KEP./2023 sebanyak 60 personel, ST/2865/XII/KEP./2023 sebanyak 337 personel dan ST/2866/XII/KEP./2023 sebanyak 86 personel.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan membenarkan perihal mutasi dan rotasi tersebut.

"Iya benar mutasi dan rotasi adalah hal biasa dalam rangka tour of duty dan penyegaran dalam tubuh organisasi Polri," kata Ramadhan dalam keterangan tertulisnya pada Kamis, 28 Desember 2023.

Dalam mutasi dan rotasi ini ada beberapa jabatan yang mengalami pergantian. Salah satunya Koorsahli Kapolri yang dijabat Irjen Risyapudin Nursin akan digantikan oleh Irjen Eddy Sumitro Tambunan yang saat ini menjabat Widyaiswara Kepolisian Utama Tingkat I Sespim Lemdiklat Polri.

Kemudian Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Setyo Budiyanto digantikan oleh Irjen Yudhiawan yang kini menjabat Sahli Sospol.

Lalu Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan dimutasi menjadi Wakapolda Lampung menggantikan Irjen Umar Efendi. Jabatan Karopenmas Divisi Humas Polri nantinya akan diemban Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko yang saat ini menjabat Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Jabatan yang ditinggalkan Kombes Trunoyudo akan digantikan oleh Kombes Ade Ary Syam Indardi yang saat ini menjabat Kapolres Metro Jakarta Selatan.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Leonardus Simarmata dimutasi menjadi Kabidkum Polda Metro Jaya. Posisinya Kombes Leonardus digantikan oleh Kombes Nicolas Ary Lilipaly.

Dari ratusan personel yang dimutasi dan dirotasi, ada 13 polisi wanita (polwan) yang mendapatkan promosi jabatan. Rinciannya, sembilan personel promosi jabatan kombes, tiga personel promosi jabatan AKBP, dan jabatan kapolres satu personel.sinpo

Komentar: