Ganjar Hormati Elektabilitas Prabowo-Gibran yang Moncer di Survei

Laporan: Juven Martua Sitompul
Kamis, 28 Desember 2023 | 21:14 WIB
Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo. (SinPo.id/Reuters)
Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo. (SinPo.id/Reuters)

SinPo.id - Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo menghormati hasil survei terbaru yang dirilis sejumlah lembaga survei, termasuk Center for Strategic and International Studies (CSIS) dan Indikator Politik Indonesia.

"Kemarin ada CSIS, ada Indikator, hampir keluar bersamaan dan hasilnya ternyata memang berbeda. Dan tentu saja biarkan kita hormati hasil survei itu," kata Ganjar dalam keterangannya di Jakarta pada Kamis, 28 Desember 2023.

Meski demikian, mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut mengatakan bahwa hal terpenting dibandingkan survei adalah bertemu dengan masyarakat.

"Tetapi buat saya yang penting seluruh kader partai, seluruh relawan bertemu dengan masyarakat. Karena itulah yang Anda rasakan melalui relasi langsung dengan masyarakat. Itu situasi sejatinya, makin banyak bergerak, makin banyak bertemu, realitas itulah yang Anda temui," katanya.

Sebelumnya, hasil survei terbaru yang dirilis CSIS Indonesia menunjukkan pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dari dua pasangan lainnya pascadebat capres dengan elektabilitas 43,7 persen.

Sedangkan, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 26,1 persen responden. Lalu, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md hanya 19,4 persen.

Dalam survei itu, masih terdapat 6,4 persen pemilih yang mengaku rahasia dan belum menentukan pilihan dan 4,5 persen yang mengaku tidak tahu atau tidak jawab.

Polling CSIS dilaksanakan secara nasional dengan tatap muka pada 13-18 Desember 2024. Metode survei ialah multistage random sampling yang mempertimbangkan proporsi antara jumlah pemilih dan jumlah sampel pada setiap provinsi, berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah saat survei dilakukan.

Proporsinya jenis kelamin perempuan-pria dan wilayah urban-rural dengan primary sampling unit berada pada level desa/kelurahan.

Jumlah sampel sebesar 1.300 orang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia. Margin of error atau toleransi kesalahan survei ini sebesar lebih kurang 2,7 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sementara itu, dari survei Indikator Politik Indonesia pasangan Prabowo-Gibran unggul sebesar 46,7 persen. Kemudian, diikuti pasangan Ganjar-Mahfud sebanyak 24,5 persen dan pasangan Anies-Muhaimin sejumlah 21 persen. Sementara 7,8 persen responden tidak menjawab.sinpo

Komentar: