Heritage Surabaya Hadirkan Kuliner Peranakan dan Nusantara

Laporan: Tim Redaksi
Kamis, 28 Desember 2023 | 05:30 WIB
Kuliner di The Heritage by Novotel Samator
Kuliner di The Heritage by Novotel Samator

SinPo.id -  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi The Heritage by Novotel Samator yang menghadirkan wisata kuliner baru di Surabaya, Jawa Timur. 

“Kita bersyukur bahwa ada fasilitas pariwisata yaitu restoran dengan tema the heritage atau tema tempo dulu yaitu penggabungan antara peranakan dan kuliner nusantara. Kuliner nusantara ini bisa kita hadirkan di Novotel Samator, ini menunjukkan kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Menparekraf Sandiaga saat meninjau Resto The Heritage di Novotel Samator, Surabaya, Rabu 27 Desember 2023

The Heritage by Novotel Samator mengusung tema masakan tempo dulu dengan sajian menu khas peranakan dan nusantara, sehingga menawarkan pengalaman berwisata kuliner yang berbeda.

Menparekraf Sandiaga Uno memesan salah satu kuliner tradisional yaitu rawon pada saat peninjauan Resto The Heritage di Novotel Samator, Surabaya, Rabu 27 Desember 2023

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, kuliner merupakan subsektor penyumbang terbesar dari produk domestik bruto (PDB) ekonomi kreatif. 

“Berdasarkan data, subsektor kuliner menyumbang kontribusi terhadap PDB sekitar Rp200 triliun lebih atau sekitar 43 persen dari total nilai tambah Rp1300 triliun yang memberikan kontribusi  terhadap PDB kita sekitar 7,8 persen sampai 8 persen,” kata Menparekraf Sandiaga.

Lebih lanjut, Menparekraf mengungkapkan bahwa sekitar 63 persen wisatawan yang berkunjung ke destinasi wisata saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) adalah untuk mencari kuliner.

Ia pun mendorong optimalisasi sektor kuliner di setiap destinasi dan tempat wisata terutama saat libur Nataru ketika pergerakan wisatawan melonjak.

“Jadi ini adalah alasan pertama mereka bergerak berwisata selama libur nataru ini. Momen The Heritage ini tentunya sangat pas untuk menghadirkan kuliner nusantara,” kata Menparekraf. sinpo

Komentar: