PBB Tunjuk Koordinator Pengawasan Pengiriman Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 27 Desember 2023 | 08:54 WIB
Ilustrasi PBB menunjuk koordinator pengawasan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza (SinPo.id/Reuters)
Ilustrasi PBB menunjuk koordinator pengawasan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza (SinPo.id/Reuters)

SinPo.id - Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) menunjuk seorang koordinator yang bertugas mengawasi masuknya bantuan yang selama ini kerap dihadang oleh pasukan Israel. Langkah ini ditempuh sebagai bagian dari resolusi Dewan Keamanan PBB untuk meningkatkan pengiriman bantuan ke Gaza.

Anggota PBB yang ditunjuk ialah Sigrid Kaag, asal Belanda. Ia akan menjadi koordinator senior kemanusiaan dan rekonstruksi di Gaza. Namun perannya baru akan dimulai pada 8 Januari 2024 mendatang. 

“Dalam peran ini dia akan memfasilitasi, mengoordinasikan, memantau dan memverifikasi pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza. Dia juga akan membentuk mekanisme untuk mempercepat bantuan ke Gaza melalui negara-negara yang tidak terlibat konflik," kata PBB, dalam sebuah pernyataan, dilansir dari CNA pada Rabu, 27 Desember 2023.

Resolusi Dewan Keamanan yang dikeluarkan pada hari Jumat memang tidak menyerukan gencatan senjata setelah tertundanya pemungutan suara selama seminggu, lantaran adanya negosiasi yang intens untuk menghindari veto Amerika Serikat (AS).

Namun resolusi tersebut menyerukan langkah-langkah mendesak untuk segera membuka akses kemanusiaan yang aman, tanpa hambatan. Sehingga akses kemanusiaan dapat diperluas untuk menciptakan kondisi yang lebih baik.

Karena di tengah kemarahan global atas meningkatnya jumlah korban tewas dan memburuknya krisis kemanusiaan di Gaza, AS justru abstain untuk mengizinkan dewan beranggotakan 15 negara itu mengadopsi resolusi yang dirancang oleh Uni Emirat Arab.

AS dan Israel bahkan menentang gencatan senjata dan terus melakukan serangan terhadap warga sipil di Gaza hingga menewaskan lebih dari 21 ribu orang. Bahkan 2,3 juta penduduk Gaza juga telah diusir dari rumah mereka.sinpo

Komentar: