Defisit-Surplus Cabai Rawit Merah, DPR Minta Pemerintah Buat Kebijakan Khusus

Laporan: Galuh Ratnatika
Minggu, 24 Desember 2023 | 16:07 WIB
Ketua DPR RI Puan Maharani (SinPo.id/ Ashar)
Ketua DPR RI Puan Maharani (SinPo.id/ Ashar)

SinPo.id - Ketua DPR RI, Puan Maharani, menyoroti masalah defisit-surplus cabai rawit merah yang tidak merata. Ia menilai, harus ada kerja sama antardaerah  dalam menyalurkan pasokan dari daerah yang surplus ke defisit atau kurang stok.

Pasalnya, permasalahan defisit-surplus cabai rawit di sejumlah daerah merupakan masalah klasik yang terus berulang. Sehingga pemerintah pusat harus turut membantu melakukan distribusi dan membuat kebijakan khusus untuk mengatasinya.

"Termasuk dengan inovasi teknologi pertanian yang dapat menjamin pasokan cabai rawit merah merata di seluruh daerah,” kata Puan, melalui keterangan tertulisnya, Minggu 24 Desember 2023.

Selain itu, ia juga menegaskan agar Pemerintah mengambil langkah-langkah proaktif dan melibatkan berbagai pihak dalam menghadapi kenaikan bahan pokok, termasuk cabai rawit merah yang melonjak di sejumlah daerah.

"Harus ada intervensi dari Pemerintah untuk mendukung stabilitas ekonomi dan keberlanjutan kesejahteraan masyarakat. Kebijakan yang diambil juga jangan hanya memberikan solusi jangka pendek, tetapi juga memberikan dampak positif dalam jangka panjang," tandasnya.sinpo

Komentar: