Jaga Kebersihan Selama Natal, DLH DKI Terjunkan 1.680 Personel

Laporan: Khaerul Anam
Minggu, 24 Desember 2023 | 13:31 WIB
Para petugas kebersihan DLH DKI Jakarta (Sinpo.id/BeritaJakarta)
Para petugas kebersihan DLH DKI Jakarta (Sinpo.id/BeritaJakarta)

SinPo.id -  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta mengerahkan sebanyak 1.680 petugas untuk menjaga kebersihan Jakarta saat Natal tahun 2023. DLH menjamin kebersihan Kota dan tidak akan terjadi penumpukan sampah selama Natal.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto mengatakan, kegiatan penanganan kebersihan selama Natal tetap berlangsung seperti biasa. Alasannya, meski jatuh pada hari libur, pasukan oranye DLH tetap bekerja seperti biasa.

“Seluruh Suku Dinas Lingkungan Hidup tingkat Kota Administrasi dan Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup di tiap Kecamatan telah diinstruksikan untuk mengantisipasi kebersihan lingkungan gereja di wilayah tugasnya masing-masing,” kata Asep dalam keterangannya, Minggu, 24 Desember 2023.

Asep mengungkapkan untuk mengantisipasi timbulan sampah pada momen perayaan natal tahun ini, pihaknya telah mempersiapkan rencana operasi, satuan tugas, sarana dan armada penanganan sampah.

DLH menurunkan minimal 40 personel penanganan kebersihan di setiap kecamatan yang ditugaskan memastikan Natal dan rangkaian perayaannya berjalan dengan nyaman tanpa sampah. 

“Bahkan ada petugas yang ikut serta gotong royong membersihkan gereja bersama pengurusnya untuk mempersiapkan rangkaian perayaan natal,” ujar Asep.

DLH juga mengerahkan regu comot di lingkungan gereja bekerja sama dengan Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan terkait.

Selain personel, Dinas Lingkungan Hidup juga menyiapkan kendaraan angkut sampah, road sweeper atau mobil penyapu jalan otomatis, toilet mobile, tempat sampah beroda, dan menyiagakan TPST Bantargebang beroperasi 24 jam untuk melakukan pelayanan di malam Natal.

"Mereka akan ditempatkan terutama untuk gereja-gereja besar yang jemaatnya ramai. Misalnya di Gereja Katedral dan Immanuel Jakarta Pusat, Gereja Ayam di Jakarta Barat, Gereja Advent dan HKBP Pasar Minggu Jakarta Selatan, Gereja Theresia Jakarta Timur, dan Gereja Tiberias Indonesia Kelapa Gading Jakarta Utara," tandasnya.

sinpo

Komentar: