KPU Minta Debat Berlangsung Tertib dan Tanpa Gimik

Laporan: Khaerul Anam
Jumat, 22 Desember 2023 | 15:25 WIB
Gedung KPU RI (SinPo.id/ Khaerul Anam)
Gedung KPU RI (SinPo.id/ Khaerul Anam)

SinPo.id - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari meminta para calon wakil presiden (cawapres) agar mengurangi gimik saat debat Pilpres 2024 berlangsung.

Hasyim mengatakan, masalah ketertiban ini juga telah dibahas pada rapat evaluasi bersama ketiga tim pasangan capres-cawapres.

"Situasi kemarin juga kira-kira dianggap hal yang tidak tertib itu juga sudah kami sampaikan setelah evaluasi, kami berikan teguran supaya hal-hal yang sudah kita sepakati tidak dipenuhi, itu juga supaya tidak diulangi lagi pada arena debat yang akan datang," kata Hasyim dalam keterangannya, dikutip Jumat, 22 Desember 2023.

Hasyim juga meminta tim pemenangan masing-masing pasangan capres-cawapres yang hadir agar tidak melakukan provokasi dan ikut menjaga kondusivitas debat.

"Situasi di area perdebatan berpengaruh situasional dan psikologi dari masing-masing pihak," ujarnya.

Lebih lanjut, Hasyim mengatakan, untuk mengendalikan ketertiban bersama telah disepakati masing-masing menyediakan penanggung jawab atau liaison officer (LO) di arena debat. 

Penanggung jawab itu bertugas mengendalikan suasana dan menjaga ketertiban masing-masing pasangan capres-cawapres selama debat berlangsung.

"Untuk mengendalikan atau menjaga ketertiban bersama disepakati masing-masing tim pasangan calon kemudian ada LO di arena debat, supaya kemudian menjadi pengendali suasana di masing-masing tim pasangan calon," paparnya.

Selain itu, Hasyim menjelaskan, LO juga disediakan oleh masing-masing tim pasangan capres-cawapres agar komunikasi lebih mudah.

"Yang jadi LO untuk berkomunikasi dengan undangan dari tim paslon, yang tahu siapa yang diundang, jumlah berapa, duduk di mana, kan teman-teman dari tim paslon, sehingga LO dari tim paslon," tandasnya.sinpo

Komentar: