Terminal Pulogebang Mulai Dipadati Pemudik Jelang Nataru

Laporan: Tim Redaksi
Rabu, 20 Desember 2023 | 05:19 WIB
Terminal Pulogebang (terminal pulogebang.com)
Terminal Pulogebang (terminal pulogebang.com)

SinPo.id -  Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), geliat pemudik di Terminal Terpadu Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur mulai terlihat. Rata-rata mereka akan berangkat menuju ke sejumlah daerah di Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur hingga Sumatera.

 Sejak kemarin memang sudah ada tanda-tanda lonjakan calon pemudik
Komandan Regu Terminal Terpadu Pulogebang, Mujib Thambrin mengatakan, lonjakan jumlah penumpang yang datang dan akan mudik ke sejumlah daerah sudah mulai terjadi sejak Senin 18 Desember 2023 kemarin.  

"Sejak kemarin memang sudah ada tanda-tanda lonjakan calon pemudik. Karena saat ini sudah memasuki libur sekolah," kata Mujib, Selasa 19 Desember 2023

Dia mengungkapkan, pada Senin kemarin penumpang yang berangkat tercatat ada 1.852 orang dengan menggunakan 287 armada bus. Sedangkan jumlah kedatangan ada 363 bus AKAP dengan  2.185 penumpang.

Sementara,  untuk Selasa sejak pukul 00.00 hingga 14.30, jumlah pemudik yang diangkut 107 bus AKAP sebanyak 751 penumpang. Untuk kedatangan ada 238 bus AKAP dengan 1.378 penumpang.

Menurutnya, pemudik paling banyak adalah tujuan Jawa Tengah, seperti Solo, Semarang, Tegal, Pekalongan, Purwokerto dan sekitarnya. Selain itu juga ada tujuan Jogjakarta, Tuban, Madiun, Ponorogo  dan sejumlah daerah di Sumatera, seperti Padang, Palembang, Lampung dan lainnya.

Diprediksi, puncak arus mudik untuk libur Natal ini akan terjadi pada 22-23 Desember. Sedangkan untuk libur Tahun Baru, diprediksi terjadi pada 28-29 Desember mendatang.sinpo

Komentar: