Komunitas Fest 2023 Jadi Wadah Pergerakan Baru Kekuatan Anak Muda

Laporan: Tim Redaksi
Senin, 18 Desember 2023 | 05:26 WIB
Ilustrasi komunitas (pixabay)
Ilustrasi komunitas (pixabay)

SinPo.id -  Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo menghadiri Komunitas Fest 2023 x Festival Entrepreneur 3.0 di Cihampelas Walk Bandung, Jawa Barat, Sabtu 16 Desember 2023 malam. Festival ini merupakan kerja sama antara Kemenpora RI dan Dispora dengan Universitas Parahyangan Bandung.

Menpora Dito mengatakan, kegiatan ini kali perdana digelar Kemenpora. Latar belakang penyelenggaraannya yaitu saat mulai menjabat menteri, Menpora melihat kondisi bahwa sekarang ini kegiatan dan juga kekuatan anak muda ini banyak di komunitas. 

"Makanya ketika itu saya langsung meminta bahwa kita harus ada satu wadah program yang bisa menaungi komunitas-komunitas ini agar bisa saling menjalin networking dan juga konektivitasnya dengan pemerintah. Karena komunitas adalah sebuah pergerakan kekuatan baru untuk anak muda yang saya rasa saat ini perkembangannya sudah merata di Indonesia," urai Menpora.

"Dan Bandung adalah salah satu kota di mana yang perkembangan Komunitasnya sangat agresif," sambung Menpora Dito.

Sebagai penyelenggaraan pertama, Menpora menyampaikan terima kasih kepada semua berbagai pihak yang sudah mendukung acara ini. Lantaran apa yang dilakukan saat ini merupakan salah satu langkah ingin mengembalikan Kemenpora RI relevan untuk anak-anak muda. 

"Saya rasa untuk kemasan acara perdana ini sudah cukup menggembirakan dan memuaskan. Insyaallah tahun depan akan lebih banyak lagi titik-titik Komunitas Fest dilakukan. Agar seluruh kawan-kawan muda se-Indonesia ini bisa saling terhubung," ujar Menpora.

Menpora Dito mengharapkan dari titik pertama ini komunitas-komunitas Bandung bisa nantinya berkenalan dan berjejaring dengan komunitas-komunitas lain di Indonesia seperti di Makassar, Papua, di Medan, di Aceh, atau Maluku Utara. Menurut Menpora, jika para komunitas ini terhubung pasti akan banyak hasil silaturahmi yang sangat produktif. 

"Baik itu dari sisi sektor UMKM, pengembangan bisnis, gerakan sosial, dan saya rasa komunitas itu sangat banyak," sebut Menpora Dito.

Selain menghadirkan deretan ragam booth komunitas, Komunitas Fest 2023 ini juga menyajikan serangkaian acara gelar wicara. Menpora Dito juga melakukan peluncuran kick-off Komunitas Fest 2024 bersama Kepala Dispora Bandung Eddy Marwoto dan jajaran Unpar Bandung.sinpo

Komentar: