Debat Capres 2024, Pengamat: Prabowo Jujur-Realistis, Anies dan Ganjar Banyak Retorika

Laporan: Martahan Sohuturon
Rabu, 13 Desember 2023 | 16:39 WIB
Capres di Pilpres 2024, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan saat tampil di Debat pertama Pilpres 2024.  (Ashar/SinPo.id)
Capres di Pilpres 2024, yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan saat tampil di Debat pertama Pilpres 2024. (Ashar/SinPo.id)

SinPo.id - Pengamat Politik Ujang Komaruddin menyoroti Debat pertama Pilpres 2024 yang berlangsung pada Selasa, 12 Desember 2023.

Ia mengatakan capres nomor urut 2, Prabowo Subianto lebih jujur dan realistis pada data dan fakta.

Ujang juga memandang pernyataan yang disampaikan Prabowo terdengar dari hati menggaungkan persoalan-persoalan untuk kepentingan rakyat, bukan sekadar menyerang atau menyudutkan pihak lain.

“Kalau kita berbicara tentang Prabowo, lebih jujur dan realistis, tapi, kalau Anies dan Ganjar lebih banyak kampanye dan retorika ya. Nah, kalau kita lihat juga dalam konteks debat tadi malam juga bahwa Prabowo paling ikhlas, paling tegas berpikir tentang rakyat dan tidak retoris,” ujar Ujang kepada wartawan pada Rabu, 13 Desember 2023.

Terlebih, ketika Prabowo mengungkap data perihal Kartu Tani yang digagas oleh capres nomor urut 3, yakni Ganjar Pranowo.

“Kartu Tani itu dipertanyakan oleh Prabowo karena kebijakan pupuk subsidi yang diterapkan Ganjar saat menjadi Gubernur Jawa Tengah justru malah menyulitkan Petani mendapatkan pupuk, dan ini fakta,” kata Ujang.

Apalagi, ketika Prabowo membahas soal Papua. “Prabowo soroti persoalan yang terjadi di Papua itu bisa diselesaikan dengan langkah percepatan pertumbuhan ekonomi, lagi-lagi Prabowo berbicara sesuai data dan fakta yang ada dan lebih akurat,” lanjutnya.

Ujang juga menyoroti bahwa dalam Debat Capres malam tadi hanya Prabowo yang tidak mempolitisir isu apapun.

“Prabowo tadi malam juga tidak sebut nama lain seperti Ganjar dan Anies, justru Ganjar Anies lebih mempolitisir,” ujar Ujang.

Bahkan Ujang menganggap jika Prabowo sudah lihat menguasai panggung arena Debat karena sudah berpengalaman dan lebih santai.

“Saya melihat Prabowo punya keunggulan karena sudah sering debat, prabowo lebih rileks, lebih santai dalam debat tadi malam,” tutup Ujang.sinpo

Komentar: