Komnas PA Siap Beri Pendampingan Psikologis ke Ibu Empat Anak Korban Tragedi Jagakarsa

Laporan: Sigit Nuryadin
Rabu, 13 Desember 2023 | 16:55 WIB
Lokasi trageri pembunuhan Jagakarsa (SinPo.id/Istimewa)
Lokasi trageri pembunuhan Jagakarsa (SinPo.id/Istimewa)

SinPo.id - Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) menyatakan siap untuk memberikan pendampingan psikologis terhadap D yang merupakan ibu keempat anak korban tragedi Jagakarsa. 

"Kami menawarkan  pendampingan secara psikologis," kata Pejabat sementara Ketua Umum Komnas PA, Lia Latifah dalam keterangannya dikutip pada Rabu, 13 Desember 2023.

Lia mengatakan bahwa kondisi D sudah mulai membaik usai dirawat di RSUD Pasar Minggu lantaran mengalami Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) oleh Panca Darmansyah, suaminya yang juga tersangka tragedi Jagakarsa. 

"Kondisi fisiknya (D) sudah lebih baik dibandingkan waktu awal masuk rumah sakit, tapi kalau untuk membicarakan anak memang masih belum bisa bicara banyak," tuturnya. 

Lebih lanjut, Lia menyebut, jika D masih mengalami trauma yang dalam akibat peristiwa yang dialaminya. Untuk itu, pendampingan psikologis tentu sangat dibutuhkan D untuk mengobati traumanya.

Lia mengatakan Komnas PA juga siap untuk memberikan bantuan hukum kepada D jika dibutuhkan. Dia juga mengapresiasi Polres Metro Jakarta Selatan karena sangat sigap dalam menindak pelaku.

Dia pun mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kesadaran terhadap lingkungan sekitar agar tidak terjadi lagi kasus yang sama di kemudian hari.

"Ketika ada anak dalam kondisi berbahaya, teraniaya, terancam, masyarakat atau tetangga harus bertindak cepat membantu melindungi mereka, jadi jangan menunggu kepolisian turun dulu baru bertindak. Jadi jangan ada lagi orang yang membiarkan anak-anak dalam kondisi berbahaya," tutur Lia. sinpo

Komentar: