DPR akan Pertimbangkan Ide Sewa Atap Rumah untuk Penggunaan Listrik Tenaga Surya

Laporan: Galuh Ratnatika
Rabu, 13 Desember 2023 | 15:48 WIB
Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKS Mulyanto. (SinPo.id/Dok. Pribadi)
Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKS Mulyanto. (SinPo.id/Dok. Pribadi)

SinPo.id - Anggota Komisi VII DPR RI dari Fraksi PKS, Mulyanto, mengatakan pihaknya akan mempertimbangkan ide untuk mengembangkan penggunaan listrik tenaga surya dengan menyewa atap rumah masyarakat. Menurutnya, ide tersebut sangat menarik dan sangat mungkin direalisasikan.

Dia bilang, intensitas cahaya matahari di setiap daerah relatif merata. Dengan begitu, setiap panel yang terpasang akan dapat menyimpan energi yang bisa dimanfaatkan masyarakat untuk kebutuhan listrik sehari-hari. 

Terlebih skema sewa atap rumah dianggap akan menguntungkan masyarakat karena bisa menjadi sumber penghasilan tambahan. Sehingga ia meminta PLN untuk mulai berpikir mewujudkan ide baik tersebut terlepas dari siapa pun yang mengusulkannya. 

"Ini ide menarik. Rasanya PLN perlu mempertimbangkan usulan ini. Jangan sampai ide ini dieksekusi oleh swasta nanti PLN malah kelimpungan di tengah surplus listrik di pulau Jawa-Sumatera," kata Mulyanto, melalui keterangan tertulisnya, Rabu 13 Desember 2023.

"PLN harus kreatif di tengah himpitan utang yang hampir mencapai Rp500 triliun melalui investasi yang menarik dan menguntungkan. Kalau atap-atap rumah di kota-kota ini dipasangkan panel solar oleh PLN lalu masuk jaringan PLN, maka target NZE (net zero emission) tahun 2060 optimis dicapai," sambungnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa ide tersebut bisa menjadi salah satu alternatif mempercepat realisasi NZE dengan biaya murah, agar kelak Indonesia bisa menjadi model percontohan dalam pengembangan pelaksanaan energi bersih yang efisien dan menguntungkan masyarakat. 

Di samping itu, kata Mulyanto, implementasinya juga dapat menghemat anggaran produksi listrik karena sumber energi dan titik penggunaannya berada pada lokasi yang sama. Sehingga menghemat saluran distribusi ke rumah-rumah masyarakat. sinpo

Komentar: